Rabu, 19 Sep 2018
radarmojokerto
icon featured
Journey

Pantai Pulau Merah, Pesona dari Ujung Timur Jawa

Jumat, 29 Jun 2018 12:00 | editor : Mochamad Chariris

Pantai Pulau Mera menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Banyuwangi.

Pantai Pulau Mera menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Banyuwangi.

Satu di antara deretan pantai yang menjadi destinasi wisata unggulan Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Pantai ini terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. 

Atau berjarak sekitar 66 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Untuk menjangkau pantai ini hanya butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Daya tarik Pantai Pulau Merah adalah adanya bukit kecil dengan ketinggian sekitar 200 meter yang berada di bibir pantai. Masyarakat setempat menamai bukit kecil ini dengan nama Pulo Merah.

Dinamakan demikian karena kontur bukit ini mempunyai tanah yang berwarna merah. Sekeliling bukit banyak terdapat tanaman berwarna hijau sehingga warna asli tanah menjadi sedikit tersamarkan. Sayangnya bukit ini hanya bisa diakses pengunjung saat air laut sedang surut.

Riko, salah satu pengunjung dari Mojokerto menyatakan, dari sekian banyak pantai yang pernah dikunjunginya, Pantai Pulau Merah menjadi salah satu tempat favoritnya. ’’Pantai Merah sangat khas pemandangannya. Pasir putihnya juga masih alami,’’ kata Riko.

Apa yang disampaikan Riko cukup beralasan. Hamparan pasir putih yang membentang sepanjang sekitar 3 kilometer di pantai ini masih terjaga keasliannya. Banyaknya fasilitas yang terdapat di sekitar Pantai Pulau Merah membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai ini.

Selain beberapa tenda payung yang menjadi tempat favorit bersantai, di bibir pantai juga banyak terdapat penyewaan selancar bagi para penggemar surfing. Bagi para pengunjung yang ingin menginap pun banyak tersedia fasilitas guest house yang tarifnya cukup murah.

Keamanan para pengunjung di pantai ini juga cukup terjaga. Pasalnya selain dilengkapi papan petunjuk bagi wisatawan, di beberapa titik juga terdapat menara pengawas lengkap dengan para lifeguard terlatih yang selalu siap siaga mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi.

Adanya para lifeguard ini membuat para pengunjung pun merasa aman dan nyaman menikmati keindahan pantai. Selain itu, kebersihan pantai ini menjadi perhatian serius pengelola. Meski banyak deretan para penjual makanan, namun nyaris tak ditemukan tumpukan sampah.

Para petugas kebersihan selalu berkeliling mengambil sampah yang bercecer di pantai. Tak heran, Pantai Pulau Merah kini menjadi destinasi wisata favorit di Banyuwangi. (nto/abi)

(mj/ram/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia