Rabu, 22 Aug 2018
radarmojokerto
icon featured
Politik

Calon Wali Kota Mojokerto Nyemplung Sungai Brantas

Selasa, 29 May 2018 23:36 | editor : Mochamad Chariris

Cawali Kota Mojokerto Andy Soebjakto saat meluncur ke dalam sungai Brantas Mojokerto.

Cawali Kota Mojokerto Andy Soebjakto saat meluncur ke dalam sungai Brantas Mojokerto. (Tim Pemenangan Andy-Ade Ria for Radar Mojokerto)

MOJOKERTO – Ada-ada saja yang dilakukan pasangan calon (paslon) Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mojokerto jelang pencobloson 27 Juni mendatang.

Kegiatan unik dan tidak biasa ini salah satunya dilakukan Calon Wali (Cawali) Kota Andy Soebjakto. Kali ini, dia tidak melakukan kampanye atau bagi-bagi takjil sebagaimana umumnya paslon lain dalam memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan.

Cawali nomor urut 2 ini justru nekat menceburkan diri ke dalam Sungai Brantas. Ya, hal nekat itu dilakukan Andy seorang diri. Dengan hanya mengenakan kaus hitam dan celana pendek hitam, cawali yang bergandengan dengan Cawawali Kota Ade Ria Suryani itu terlihat menaklukkan sungai yang mengitari sebagian daerah Jawa Timur tersebut tanpa bantuan pelampung dan pengamanan khusus.

Belum diketahui kapan aksi menceburkan diri sekaligus berenang di Sungai Brantas tersebut dilakukan. Namun, bermunculan spekulasi hal aneh dilakukan Andy pada Minggu (27/5) sore itu sembari menunggu waktu berbuka alias ngabuburit di bibir sungai kawasan Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. Tepatnya di depan PDAM Kota Mojokerto Jalan Mayjen Sungkono. 

Aksi tak biasa dilakukan oleh paslon peserta pilkada ini juga direkam pendukungnya. Rekaman video berdurasi selama 1 menit 10 detik tersebut bahkan sudah menyebar dan di-share di berbagai media sosial (medsos).

Dalam rekaman video ini, tidak nampak kekhawatiran maupun ketakutan dari sosok Andy saat menaklukkan Sungai Brantas. Usai menceburkan diri, bak perenang profesional, dia lantas menenggelamkan diri selama beberapa detik.

Tak lama berselang, dia kembali muncul ke permukaan lalu melakukan gerakan renang hingga kurang lebih sepanjang 20 meter. Meski posisi renang tidak jauh dari bibir sungai, namun Andy tidak menunjukkan tubuh kelelahan atau justru takut akan terbawa arus sungai Brantas yang selama ini dikenal cukup deras. Bahkan saat kembali ke permukaan, dia menyempatkan diri mengacungkan jempol. Tanda telah berhasil berenang di Sungai Brantas.

Ketua Tim Pemenangan Andy Soebjakto-Ade Ria Suryani, Imam Masduki kepada Jawa Pos Radar Mojokerto membenarkan  aksi renang seorang diri di Sungai Brantas dilakukan Andy. Tanpa ada pengamanan khusus atau bantuan dari tim relawan. ”Iya, itu olahraga renang biasa. Dan itu biasa dilakukan Mas Andy,” ujarnya.

Sekadar diketahui, dalam kontestan Pilwali Kota Mojokerto 2018, pasangan Andy-Ade Ria diusung oleh tiga parpol. Yakni PPP, PKB, Partai Demokrat, serta satu partai pendukung, PKPI. Pasangan ini mendapat nomor urut 2.

Pada Pileg 2014, PPP dan Partai Demokrat masing-masing mendapatkan dua kursi, sedangkan PKB mengantongi tiga kursi di DPRD Kota Mojokerto. Jumlah kursi koalisi ketiga partai ini sudah melebihi syarat minimal lima kursi untuk mengusung calon kepala daerah (cakada). 

(mj/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia