Rabu, 22 Aug 2018
radarmojokerto
icon featured
Lifestyle
Grand Final Gus Yuk Kab. Mojokerto 2018

Jadi Ajang Salurkan Talenta dan Promosikan Wisata

Selasa, 15 May 2018 22:16 | editor : Mochamad Chariris

: Malam puncak Pemilihan Duta Wisata Gus dan Yuk Kabupaten Mojokerto 2018 Minggu (13/5).

: Malam puncak Pemilihan Duta Wisata Gus dan Yuk Kabupaten Mojokerto 2018 Minggu (13/5). (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Ajang Pemilihan Duta Wisata Gus dan Yuk Kabupaten Mojokerto 2018 telah sampai puncak Minggu malam (13/5).

Acara grand final tersebut berlangsung di pelataran situs Gapura Bajang Ratu, Kecamatan Trowolan, Kabupaten Mojokerto.

Penampilan tari Ijo Gringsing mengawali pembukaan pemilihan Duta Wisata Gus dan Yuk tahun ini. Kemudian disambung opening dance yang menampilkan koreografi dari 30 finalis yang berkolaborasi dengan Band Simphony dengan lagu berjudul Jolotundo.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto, Djoko Wijayanto, mengungkapkan, proses pemilihan Duta Wisata Gus dan Yuk tahun ini diikuti 140 pendaftar dari pemuda dan pemudi di Kabupaten Mojokerto.

Setelah melalui serangkaian seleksi, akhirnya tersisih 110 peserta. ’’30 Gus dan Yuk yang tampil di grand final ini merupakan pemuda pemudi yang terbaik,’’ paparnya.

Menurutnya, tujuan diselenggarakannya Gus dan Yuk adalah sebagai ajang promosi potensi wisata di Kabupaten Mojokerto. Mulai wisata alam, sejarah, hingga religi. Dan juga menggali bakat serta melakukan pembinaan.

’’Harapan kami pemilihan Duta Wisata Gus dan Yuk ini bisa menjadi wadah untuk menyalurkan talenta dan meraih prestasi,’’ paparnya. Sementara itu, Sekdakab Mojokerto Herry Suwito, menambahkan, pendapatan dari sektor pariwisata menjadi salah satu penopang untuk pembangunan daerah.

Selain itu, wisata juga menjadi salah satu komoditi yang tidak pernah merugi. Untuk itu, pemkab berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur ke sejumlah lokasi wisata di kabupaten.

’’Sebagai cotoh pengembangan fasilitas adalah Water Park Ubalan. Dan ajang Gus Yuk ini juga menjadi salah satu pendukung untuk peningkatan fasilitas di sektor pariwisata.

Herry yang hadir mewakili Wabup Pungkasiadi juga secara khusus mengucapkan terima kasih atas dukungan kepada penyelenggara acara Gus Yuk dan para sponsor. Secara khusus dia juga memberikan apresiasi bagi tempat diselenggarakannya grand final yang digelar di Gapura Bajang Ratu.

Selain eksotis, juga mampu mempromosikan situs peninggalan Kerajaan Majapahit itu. ’’Bukan tidak mungkin ajang serupa tingkat Jawa Timur bisa diselenggarakan di sini (Bajang Ratu). Karena situs sejarah Majapahit hanya ada di Mojokerto,’’ paparnya.

Dia berharap, siapa pun yang menyabet gelar Gus dan Yuk tahun ini tidak hanya memiliki kelebihan dalam hal penampilan, tetapi juga memiliki pengentahuan luas, berwawasan, berkepribadian, dan tak kalah penting mampu bersosialisasi.

Dia berjanji, pemda akan manfaatkan talenta Gus Yuk dalam mendukung pariwisata. ’’Kami juga berharap pemenag Gus Yuk bisa maju lebih tinggi lagi ke tingkat regional, bahkan nasional,’’ pungkasnya. 

(mj/ram/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia