Senin, 20 Aug 2018
radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Rem Blong, Seruduk Kijang, lalu "Bertamu" ke Rumah Warga

Sabtu, 14 Apr 2018 16:34 | editor : Mochamad Chariris

Truk yang menabrak rumah warga di Jalan Raya Desa/Kec. Bangsal, Mojokerto.

Truk yang menabrak rumah warga di Jalan Raya Desa/Kec. Bangsal, Mojokerto. (Khudori Aliandu/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Sebuah truk menabrak rumah di jalan poros provinsi Mojokerto-Mojosari, di Dusun Kauman Desa/Kecamatan Bangsal, Kamis (13/4).

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun, bangunan teras milik warga beserta pagarnya mengalami kerusakan parah. Sebelumnya, truk nopol AG 8604 GD itu juga menyasar mobil Toyota Kijang nopol S 1426 QB yang diparkir bahu jalan.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 08.20. Saat itu truk yang dikemudikan Jais, 41, warga Dusun Bandung, Desa/Kecamatan Diwek, Jombang berjalan dari arah barat atau Mojokerto-Mojosari.

Nahas, sesampai di lokasi, Jalan Raya Bangsal tepat sebelah timur Mapolsek Bangsal setempat truk hilang kendali. ’’Tiba-tiba rem tidak berfungsi dengan baik,’’ kata Jais, pengemudi truk. Apesnya di saat remnya blong, tepat di depannya, kendaraan baik mobil dan sepeda motor juga melambat.

Spontan, kondisi itu membuatnya panik. Mobil truk merah yang dikendarai pun oleng ke kiri dan menghantam mobil Toyota Kijang nopol S 1426 QB yang sedang parkir. Kencangnya laju kendaraan membuat Jais kembali banting setir ke kanan hingga menyasar rumah warga. 

’’Saya nekat banting ke kanan karena rem sudah blong. Apalagi, posisi juga panik karena lalu lintas dari dua arah juga ramai,’’ bebernya. Beruntung, Masamah, 55, pemilik rumah tidak sampai menjadi korban kecelakaan. Kebetulan saat kejadian dia berada di dalam rumah.

’’Padahal kebiasaan pemilik rumah kalau jam 8 sampai jam 10 berada di teras rumah. Tapi Alhamdulillah, tadi (kemarin, Red) tidak,’’ ungkap Ihwan, 35, salah satu warga.

Namun, ditafsir kerugian dialami Masamah mencapai puluhan juta. Angka itu dihitung dari kerusakan parah terjadi pada rumah bagian depan. Mulai dari pagar besi, bangunan depan, kursi serta sejumlah pot bunga yang ikut hancur.

’’Itu pun saat kejadian, truk baru bisa berhenti saat menbrak tembok bagian depan hingga jendela pecah,’’ tuturnya. Mendapat laporan itu petugas langsung datang ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

’’Alhamdulillah tidak sampai ada korban. Hanya da kerugian material saja,’’ kata Kasatlantas Polres Mojokerto, AKP Nopta Histaris Suzan. Semua penghuni rumah, termasuk sopir truk dinyatakan selamat.

Hasil penyelidikan, dugaan kuat kecelakan tunggal ini akibat karena rem truk tidak berfungsi. Sehingga saat kendaraan di depannya tiba-tiba mengerem, pengemudi tidak bisa menguasai laju kecepatan hingga akhirnya terjadi kecelakaan.

’’Tapi, sebelum menabrak rumah dan mobil yang parkir, pengemudi sempat menghindar. Tapi tidak berhasil,’’ tandas Nopta. 

(mj/ori/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia