alexametrics
Minggu, 25 Jul 2021
radarmojokerto
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Pecatan Buruh Ngutil 50 Botol Parfum di 9 Minimarket

31 Oktober 2017, 16: 40: 59 WIB | editor : Mochamad Chariris

Ilustrasi

Ilustrasi (jawapos.com)

MOJOKERTO – Aksi pencurian berkedok sebagai pelanggan belakangan meresahkan sejumlah minimarket di kawasan Kota Mojokerto akhirnya terjawab. Arip Puji Susanto, 30, warga Lingkungan Cakarayam, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, tak bisa berkutik saat petugas mencokoknya di rumahnya, Sabtu (28/10).

Dia terbukti sebagai pelaku tunggal atas pencurian sejumlah produk penjualan biasa dipajang di etalase minimarket. Tak tanggung-tanggung, mantan buruh pabrik ini berhasil menggasak hampir 50 botol parfum dan produk pembersih di sembilan minimarket berbeda.

Bahkan, aksinya cukup lihai, mengingat tempo waktu pencurian di sembilan tempat kejadian perkara itu kurang dari sebulan. Aksinya baru terhenti saat identitasnya terdekteksi petugas dari hasil rekaman CCTV (closed circuit television) dan pengakuan pelanggan lain yang melihatnya di Alfamart Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kamis (26/10).

Baca juga: Polisi Berpangkat Briptu Diduga Pasok Pengedar Sabu

Ya, meski terbilang lihai dan gesit, namun Arip masih kalah canggih saat petugas mendapatkan banyak informasi tentang dirinya. Terutama, saat rekaman CCTV memperlihatkan jelas jenis motor Yamaha Mio J warna Nopol S 3727 TC, kendaraan yang digunakan beraksi. Dari hasil investigasi, pelaku diketahui bertempat tinggal di Kelurahan Mentikan. ’’Salah satunya memang dari hasil CCTV. Cuman kita ada informasi lain dari pelanggan Alfamart Pulorejo yang mengetahui keberadaan pelaku,’’ terang AKP Suharyono, Kasatreskrim Polresta Mojokerto.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku rupanya tidak sekali itu saja ngutil di minimarket. Sebelumnya, dia pernah mencuri barang yang sama, seperti parfum, sampo dan minyak rambut. Modus yang dipakai pun terbilang rapi. Berpura-pura memilih sejumlah barang yang diincar sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam celana saat karyawan minimarket lengah.

Tak kurang dari 5 menit dia berhasil keluar dengan menggondol puluhan botol parfum tanpa harus dicurigai karyawan, meski tidak membeli satu pun barang. ’’Jadi, pelaku ini sangat rapi dalam beraksi dan terlatih. Yang dicuri kebanyakan parfum kemudian dijual dengan harga rata-rata Rp 20 ribu per botol,’’ terangnya.

Dari hasil pemeriksaan pula, delapan tempat kejadian perkara berhasil diidentifikasi petugas sebagai sasaran pencurian Arip. Di antaranya, Alfamart Losari dan Gedeg, Alfamart Jalan Raya Ijen Wates, Alfamart Surodinawan Prajurit Kulon, Alfamart Jalan Empunala Timur dekat RS Kamar Medika, Alfamart Jetis, Indomart Jalan Empunala, Indomart Perempatan Semeru Wates, dan Indomart Jalan Raya Bypass Sekar Putih, Kota Mojokerto.

Dia juga mengaku mencuri karena desakan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sebab, pria 30 tahun ini baru saja diberhentikan dari pekerjaannya sebagai buruh pabrik di kawasan Ngoro Industri Persada (NIP). ’’Karena desakan ekonomi saja, tidak ada motif lain. Sementara hasil pemeriksaan pelaku sendirian saat beraksi,’’ pungkasnya. 

(mj/far/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya