Kamis, 23 May 2019
radarmojokerto
icon featured
Mojokerto

Cuuss...Disuntik Imunisasi, Siswa Menangis Histeris

01 Agustus 2017, 14: 06: 58 WIB | editor : Mochamad Chariris

Siswa SDN Ngarjo, Kecamatan Mojoanyar saat pelaksanaan imunisasi MR Selasa (1/8) pagi.

Siswa SDN Ngarjo, Kecamatan Mojoanyar saat pelaksanaan imunisasi MR Selasa (1/8) pagi. (Rizal Amrulloh/Radar Mojokerto)

MOJOKERTO - Pelaksanaan imunisasi measles dan rubella (MR) digelar secara serentak mulai Selasa (1/8) hari ini. Di Kabupaten Mojokerto, total sasaran mencapai lebih dari 247 ribu anak usia 9 bulan sampai 15 tahun. Itu dilakukan untuk membentuk kekebalan terhadap penyakit measles atau campak dan rubella.

Kegiatan itu diawali di SDN Ngarjo, Kecamatan Mojoanyar. Sebanyak 126 anak mulai kelas I sampai VI dilakukan vaksinasi MR. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto, Didik Chusnul Yakin menjelaskan, pelaksanaan imunisasi MR dilaksanakan sepanjang Agustus dan Desember. "Untuk bulan Agustus fokus sasarannya untuk anak usia sekolah mulai SD dan SMP," jelasnya kepada Jawa Pos Radar Mojokerto.

 Pelaksanaannya dilakukan di masing-masing sekolah. Kemudian, dilanjutkan pada September untuk anak usia 9 bulan ke atas atau belum masuk usia sekolah, di puskesmas dan posyandu. Didik menyebutkan, total sasaran vaksinasi mencapai 247.198 anak yang tersebar di 18 kecamatan.

Pantauan Jawa Pos Radar Mojokerto, puluhan siswa menangis histeris saat proses imunisasi melalui jarum suntik. Anak-anak bahkan merasa ketakutan saat petugas medis mengeluarkan jarum suntik. Sehingga, untuk memasukkan jarum suntik, petugas harus dibantu para guru menenangkan siswa dan menutup mata mempermudah imunisasi. 

(mj/ram/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia