Sabtu, 21 Sep 2019
radarmojokerto
icon featured
Hukum & Kriminal

Kelompok "Teroris" Serang Polres, Satu Polwan Disandera

19 Juli 2017, 12: 00: 02 WIB | editor : Mochamad Chariris

Teroris saat menyandera polwan dalam simulasi antisipasi teroris di Polres Mojokerto.

Teroris saat menyandera polwan dalam simulasi antisipasi teroris di Polres Mojokerto. (Khudori Aliandu/Radar Mojokerto)

MOJOSARI - Mapolres Mojokerto dikejutkan dengan serangan kelompok teroris. Baku hantam dan kontak senjata antara kepolisian dan kelompok teroris pun terjadi. Sejumlah teroris berhasil merangsek melalui gerbang utama mengendarai motor dan mobil langsung menyerang anggota kepolisian yang bertugas.

Teroris menyandera dan berusaha menghabisi polwan menggunakan sajam. Sembari meneriaki dan mengancam anggota kepolisian lain yang berusaha menolong. ’’Berhenti di situ. Jangan mendekat, atau saya tembak anggota ini,’’ teriaknya. Beruntung, upaya teroris sebelum benar-benar melukai polwan berpangkat bripka itu berhasil digagalkan Timsus Garda Mojopahit. Satu teroris dilumpuhkan dan langsung tewas di lokasi.

Sementara, tak berselang lama delapan teroris dalam satu kelompok ditangkap. ’’Ini bukti kita sebagai polisi harus siap menghadapi kondisi apa pun,’’ kata Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata, Selasa (18/7). Kata dia, simulasi menjadi hal penting dalam menyiapkan anggota Polri menghadapi situasional. Yakni, saat alarm sterling akan dihitung waktu, detik atau per menit. Sehingga, bisa langsung menempati tempatnya masing-masing dengan kondisi siap. ’’Ini juga untuk mempersiapkan perubahan-perubahan situasi di wilayah hukum kita,’’ katanya.

Ada sembilan teroris yang terlibat dalam simulasi ini. Dalam drama penyerangan mereka membagi peran. Seperti memetakan lokasi mako, berpura-pura memohon pelayanan SIM, sampai melakukan penyerangan dengan menembak dan melempar bom. ’’Setelah dilakukan tembakan peringatan, kami pastikan tembak di tempat bagi pelaku kejahatan yang melawan. Menggunakan senjata tajam atau peledak,’’ beber Leo begitu Leonardus Simarmata disapa. 

(mj/ori/ris/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia