alexametrics
24.8 C
Mojokerto
Thursday, July 7, 2022

CATEGORY

Ramapedia

Puluran

SELAIN peribadahan, bulan Ramadan juga tidak lepas dengan pernak-pernik kuliner. Karena dalam beberapa kegiatan keagaamaan, masyarakat secara sukarela menyuguhkan puluran.

Darusan

RAMADAN menjadi momen bagi umat muslim untuk meningkatkan ibadah. Salah satunya dengan memperbanyak amalan membaca Alquran. Kegiatan membaca kitab suci menjadi tradisi di sepanjang bulan puasa. Hampir semua masjid dan musala secara serentak melaksanakan darusan di malam dan pagi hari.

Merconan

MERCONAN selalu mewarnai datangnya bulan Ramadan. Bahkan, bunyi ledakan yang berasal dari petasan itu akan semakin semarak di hari-hari terakhir puasa dan memasuki puncaknya saat Lebaran tiba.

Mohon Doa Restu Pembangunan Penunjang Wisata

WALI Kota Ika Puspitasari Safari Ramadan di Masjid Sabilul Muhtadin, Selasa (19/4). Selain menyapa dan berinteraksi dengan jamaah salat Subuh, Ning Ita juga menyosialisasikan sejumlah program prioritas yang diagrap pemkot.

Ngaji Takjilan

JELANG berbuka puasa, di masjid maupun musala biasanya menggelar pengajian dengan durasi singkat. Tausiah Ramadan yang juga dikenal ngaji takjilan itu telah menjadi tradisi di masyarakat Mojokerto sepanjang Ramadan.

Mokel

SALAH satu kata yang cukup populer di bulan Ramadan adalah mokel. Istilah tersebut tidak sekadar dialamatkan bagi seseorang yang membatalkan puasa sebelum waktu berbuka. Namun juga menjadi kontrol sosial di tengah masyarakat selama bulan puasa.

Patrol

PATROL sahur menjadi salah satu budaya yang masih melekat selama bulan Ramadan. Kegiatan sekumpulan anak-anak yang berkeliling kampung sambil memukul kentongan atau benda lainnya secara berirama untuk membangunkan warga untuk makan sahur.

Mayoritas Pedagang Pilih Bertahan

KELURAHAN Surodinawan melunak terkait penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) pasar Ramadan di wilayahnya. Karena sebagian besar pedagang musiman di bulan suci itu memilih untuk bertahan. Akibatnya, lokasi yang disiapkan di Jalan Ketidur pun tampak lengang karena pedagang enggan untuk boyongan.

Poso Beduk

DALAM ajaran Islam, puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang dapat membatalkan. Ritual itu dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Namun, di tengah masyarakat, terdapat istilah poso beduk atau puasa setengah hari. Puasa ini menjadi cara mengajarkan anak sebelum memasuki usia balig.

Blanggur

SETIAP Ramadan, terdapat sejumlah tradisi yang dilakukan masyarakat. Salah satunya adalah menyalakan blanggur. Suara ledakan dari benda sejenis petasan itu dijadikan sebagai penanda waktu berbuka puasa. Sayangnya, keberadaannya kini sudah tenggelam seiring kemajuan zaman.

Berita Terbaru

/