25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

KPU Kabupaten Mojokerto Buta Teknis Verifikasi Parpol Pemilu 2024

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Jelang pendaftaran dan verifikasi Partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024, KPU Kabupaten Mojokerto belum cukup siap menyongsong tahapan Pemilu 2024.

Hingga kini, sistematika pendaftaran dan verifikasi faktual (verfak) belum bisa disimulasikan KPU meski jadwal pendaftaran tinggal dua pekan lagi. Belum disahkannya PKPU membuat KPU buta dalam memvalidasi keabsahan parpol peserta pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Padahal, sejumlah parpol sudah bersiap melengkapi sejumlah berkas persyaratan. Khususnya parpol pendatang baru atau newbie yang siap meramaikan kontestasi pemilihan mulai dari level DPR RI, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, hingga Presiden dan Wakil Presiden.

Bahkan, beberapa parpol tersebut sempat bersilaturahmi ke KPU Kabupaten untuk berkonsultasi tentang tata cara proses pendaftaran dan verifikasi. Tentunya di level daerah yang harus divalidasi keberadaannya, baik dari segi legalitas, struktur kepengurusan, hingga tempat atau kantornya.

Baca Juga :  Gerindra Harap Kursi Wawali Segera Terisi

’’Sudah ada dua parpol baru yang silaturahmi dalam kaitannya dengan proses pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu,’’ ungkap Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Muslim Bukhori kemarin. Muslim mengakui, sebelum tahapan verfak berjalan, biasanya KPU pusat menggelar bimbingan teknis (bimtek).

Tujuannya tak lain sebagai pegangan KPU di daerah dalam menjalankan peran validasi parpol. Namun kebutuhan bimtek sampai saat ini tak kunjung diterima KPU. Alhasil, simulasi tentang verifikasi juga belum bisa diterangkan KPU ke masing-masing parpol.

’’Kami masih menunggu PKPU diundangkan dan disahkan besama pemerintah. Baru setelah itu proses bimtek untuk KPU di daerah,’’ tandasnya. Sesuai PKPU nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, pendaftaran dan verifikasi parpol dibuka 29 Juli sampai 13 Desember 2022.

Baca Juga :  Penilap Pajak di Kabupaten Mojokerto Mulai Mengangsur

Setelah itu, parpol yang lolos ditetapkan pada 14 Desember. Parpol yang mendaftar harus memenuhi sejumlah persyaratan. Termasuk menyerahkan dokumen persyaratan sebagai peserta pemilu kepada KPU tingkat kabupaten/kota. (far/ron)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/