alexametrics
32.8 C
Mojokerto
Friday, October 7, 2022

Bawaslu Kota Mojokerto Buka Pendaftaran Panwascam Pemilu 2024

BAWASLU Kota Mojokerto membuka pendaftaran anggota pengawas kecamatan (panwascam). Mereka yang terpilih akan bekerja di ajang Pemilu 2024 nanti.

Ketua Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kota Mojokerto Dian Pratmawati mengatakan, persyaratan calon anggota panwascam ini adalah WNI, berusia minimal 25 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Syarat lainnya, tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam pidana 5 tahun atau lebih; mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, Berdomisili di wilayah kabupaten/kota yang bersangkutan dibuktikan dengan KTP Elektronik.

Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, pengawasan Pemilu, dan berspektif keadilan gender. Tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 tahun saat mendaftar.

Tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan capres, calon anggota DPR, DPD, dan DPRD, serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 tahun. Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah apabila terpilih.

Baca Juga :  Survei Paling Gres! Airlangga Jadi Tokoh Pemerintahan Paling Dipilih

Bersedia bekerja penuh waktu. Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat. Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih. Tidak dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu. ’’Mendapatkan izin dari atasan langsung bagi PNS,’’ katanya.

Dian menambahkan, kelengkapan persyaratan antara lain mengajukan surat lamaran, fotokopi KTP, foto warna terbaru ukuran 4X6 sebanyak 3 (tiga) lembar latar belakang merah, fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang atau dapat menyampaikan fotokopi ijazah tanpa dilegalisir dengan menunjukkan ijazah asli Daftar Riwayat Hidup.

Selanjutnya, surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit atau Puskesmas. Surat keterangan sehat rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika dari rumah sakit pemerintah termasuk puskesmas yang dapat disampaikan sebelum pelantikan, surat izin dari atasan langsung bagi PNS, surat pernyataan Setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, UUD 1945, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus tahun 1945.

Baca Juga :  PDI Perjuangan Agendakan Daftar Pertama Peserta Pemilu di KPU

Dokumen pendaftaran dapat dikirim melalui online ke alamat email set.mojokertokota@bawaslu.go.id atau melalui pos kilat atau disampaikan secara langsung ke Sekretariat Bawaslu Kota Mojokerto, Jl. Joko Tole Kecamatan Magersari Kota Mojokerto pada jam 09.00 WIB – 17.00 WIB. ’’Informasi lebih detail bisa langsung ke kantor Bawaslu,’’ ungkap Dian.

Dalam hal dokumen pendaftaran calon dikirimkan melalui online, maka calon pendaftar tersebut wajib menyampaikan dokumen fisik (hardcopy) kepada Pokja pada saat pelaksanaan tes tertulis dengan syarat telah dinyatakan lulus administrasi. Dalam hal pendaftaran dilakukan melalui pos kilat, dokumen pendaftaran paling lama diterima oleh pokja pada hari terakhir pendaftaran yang dikirimkan ke alamat Bawaslu Kota Mojokerto.

Dokumen persyaratan dibuat masing-masing rangkap 3 (tiga), terdiri dari 1 (satu) rangkap asli dan 2 (dua) rangkap fotokopi.Waktu penerimaan pendaftaran mulai tanggal 21 September 2022 s/d 27 September 2022. ’’Pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya,’’ pungkasnya. (bas/ron)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/