25.8 C
Mojokerto
Saturday, December 3, 2022

Mustakim Resmi Dicopot

Diganti Mantan Kades Gayaman

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Anggota DPRD Kabupaten Mojokerto dari fraksi Persatuan Amanat Pembangunan (F-PAPI), Mustakim resmi dicopot dari jabatannya. Kemarin, proses Pergantian Antarwaktu (PAW) anggota dewan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini digelar di ruang rapat Graha Wichesa DPRD Kabupaten Mojokerto. Kini, kursi Mustakim digantikan Hamim Ghozali yang sempat menjabat Kepala Desa (Kades) Gayaman, Kecamatan Mojoanyar periode 2019-2025.

Dalam prosesi serah terima jabatan kemarin, Mustakim tak tampak hadir. Termasuk Ketua DPRD, Ayni Zuroh serta belasan anggota dewan lain yang absen selama rapat paripurna PAW berlangsung. Meski begitu, sidang masih bisa berlangsung dengan dipimpin Wakil Ketua, Setia Puji Lestari dan M Sholeh. Hingga sumpah janji sebagai anggota DPRD dibacakan, Hamim Ghozali resmi menjadi anggota DPRD Kabupaten Mojokerto di sisa waktu jabatan sampai Agustus 2024 mendatang.

Baca Juga :  Supriyanto, SH, Usulkan Pengembangan Kawasan Pariwisata Terintegrasi

’’Dengan pembacaaan penambilan sumpah dan penandatangan berita acara PAW ini, maka saudara Hamim Ghozali resmi menjadi anggota DPRD sampai berakhirnya sisa masa jabatan periode 2019-2024,’’ terang Pimpinan Sidang, Setia Puji Lestari dalam pidatonya. Meski sempat berpolemik, proses PAW dianggap sah setelah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerbitkan dua SK sekaligus tertanggal 14 September.

Yakni Nomor : 171.416/933/011.2/2022 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD dan Nomor: 171.416/934/011.2/2022 tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti antar Waktu DPRD Kabupaten Mojokerto dari PPP atas nama Hamim Ghozali yang menggantikan Mustakim. SK tersebut berdasarkan rekom PAW yang dimulai dari surat Ketua DPW PPP Nomor: 098/EX/DPC/VII/2022 tanggal 18 Juli 2022. Yang kemudian ditindaklanjuti surat Pimpinan DPRD Nomor: 171/1637/416-050/2022 tanggal 18 Agustus 2022.

Artinya, pemberhentian Mustakim dari kursi anggota dan serta kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak disengketakan. Hal itu dibuktikan dari berkas usulan yang dinyatakan lengkap mulai dari surat putusan Mahkamah Partai PPP yang diperkuat dengan surat keterangan dari Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto.

Baca Juga :  Berkas PAW Mustakim Diteliti Pemprov

’’Informasi yang kami terima, pihak partai politik sudah melengkapi semua berkasnya yang sempat berpeluang memunculkan gugatan. Sehingga Biro administrasi Pemerintahan Pemprov Jatim menindaklanjuti SK PAW,’’ terang Kabag Administrasi Pemerintahan Setdakab Mojokerto, Dedy Muhartadi.

Berdasarkan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu anggota DPRD Kabupaten Mojokerto tahun 2019 dari KPU, Hamim Ghozali berhak menggantikan Musktakim setelah memperoleh suara terbanyak urutan kedua dari PPP. Yakni sebesar 2.434 suara di dapil 1 di bawah Mustakim. Hamim juga resmi melepas jabatannya sebagai Kades Gayaman per tanggal 28 Agustus lalu dan digantikan Pj dari Staf Kecamatan Mojoanyar, Suwadi. (far/ron)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/