25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

Ini Kronologi Dua Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

TROWULAN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Dua kecelakaan melibatkan bus antarkota antarprovinsj (AKAP) terjadi di Jalan Raya Trowulan-Mojoagung, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Rabu (30/11) siang. Bus Sugeng Rahayu bertabrakan dengan truk pikap disusul bus Harapan Jaya yang menyambar truk muatan rongsokan.

Kecelakaan pertama terjadi sekitar pukul 10.30 di Jalan Bypass, depan Kantor Kecamatan Trowulan, Desa Jambuwok, Kecamatan Trowulan. Bus Sugeng Rahayu bernopol W 7185 UY yang disopiri Subakri, 60, warga Balongbendo, Sidoarjo, menabrak pikap bernopol N 8941 K yang dikemudikan Suprayitno, 54, warga Mojowarno, Jombang.

Kedua kendaraan semula sama-sama melaju dari arah barat atau Jombang menuju Mojokerto. Bus di sisi kanan sedangkan pikap di sisi kiri. Setiba di tempat kejadian perkara (TKP), bus yang membawa sekitar 50 penumpang dari Jogja menuju Surabaya itu menyeruduk pikap dari arah belakang. “Pikap ini memotong jalan, entah mau putar balik atau bagaimana,” kata Suhariyanto, 42, kenek bus.

Menurutnya, pikap tiba-tiba memepet bus saat situasi arus sedang lancar. Bus sudah berusaha menghindar namun pikap terus mengambil lajurnya. Kondisi tersebut membuat pengemudi bus hilang kendali hingga akhirnya menabrak pikap. Kedua kendaraan terseret hingga menabrak median jalan dan berhenti di jalur lawan.

Baca Juga :  Google, Facebook, dan Twitter Terancam Diblokir Pemerintah

Suhariyanto mengungkapkan, saat kejadian, bus melaju dengan kecepatan sedang. “Sekitar 50 kilometer per jam,” tuturnya. Kecelakaan ini mengakibatkan bus ringsek di bagian depan dan kaca samping kiri pecah. Sedangkan, pikap terguling dengan kondisi terjepit tiang lampu jalan dan badan bus.

Suprayitno mengungkapkan, dirinya melaju pelan. Namun, kemunculan bus membuatnya kaget sehingga hilang kendali. “Saya hanya lecet biasa, tidak apa-apa,” tututnya. Kecelakaan ini sempat memicu kemacetan panjang di jalan nasional tersebut. Penumpang bus yang telantar dialihkan ke bus lain.

Sementara itu, selang sekitar satu jam, kecelakaan melibatkan bus kembali terjadi. Bus Harapan Jaya bernopol AG 7102 US yang disopiri Hendik Tamara Putra, 24, warga Mojowarno, Jombang, menyambar truk bernopol S 8227 NG yang dikemudikan Eno Juwairi Yusuf, 41, warga Blitar. Kecelakaan ini terjadi di simpang empat Jalan Bypass, Desa/Kecamatan Trowulan, sekitar pukul 11.30.

Baca Juga :  Pemotor Tewas Tabrak Truk Parkir Ngawur di Ngoro Mojokerto

Kecelakaan bermula ketika bus sarat penumpang itu melaju dari arah Jombang. Setiba di tempat kejadian perkara (TKP), bus menerabas lampu lalu lintas yang menyala merah. “Bus Harapan ini ngeblong,” kata Yanto, 43, supeltas setempat.

Saat itulah, tak dinyana, dari arah barat muncul truk muatan rongsokan botol beling yang hendak menyeberang jalan. “Truknya sudah benar soalnya lampu hijau,” imbuhnya.

Benturan keras pun tak terhindarkan. Truk terseret ke lajur lawan sisi kiri hingga terguling. Muatan karung berisi rongsokan botol beling tumpah ruah. Badan truk menutup jalan. Sedangkan, kondisi bus pecah di bagian kaca depan. “Semua penumpang menjerit. Lampu merah kok diterbas,” tutur Sinta, penumpang asal Kediri tujuan Surabaya.

Kejadian ini mengakibatkan sopir truk mengalami luka ringan. Petugas kepolisian berusaha mengatur kendaraan dari kedua arah yang mengular panjang. Kecelakaan tersebut mengakibatkan macet parah di jalur nasional. (adi)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/