25.8 C
Mojokerto
Sunday, December 4, 2022

Tumpukan Sampah Sumbat Aliran Sungai

DLH Disebut Tutup Mata

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Persoalan sampah di Kabupaten Mojokerto masih menjadi momok serius bagi pemerintah. Ironinya, meski sudah dilaporkan ke dinas terkait, nyatanya belum mendapatkan respon cepat dalam penanganannya. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pun seakaan tutup mata atas persoalan ini.

Seperti yang ada di Dam Menturus, Desa Ngareskidul, Kecamatan Gedeg. Aliran air dari Sungai Brantas yang melintang di pinggir jalan alternative Mojokerto-Jombang ini nampak kumuh merusak pemandangan. ’’Kondisi per detik ini, masih belum ada action dari pemerintah. Tumpukan sampah makin luas dan makin tebal, kasihan warga sekitarnya,’’ ungkap Masrukhan.

Banyaknya volume sampah menjadikan aliran sungai tak lancar. Bahkan, berakibat banjir setelah beberapa hari ini diguyur hujuan deras. Tumpukan sampah ini juga terjadi di beberapa titik sampai Desa Gembongan. ’’Sudah pernah banjir, kalau hujannya deras tidak berhenti-berhenti. Pekarangan penduduk juga lebih rendah dari ketinggian permukaan air, sementara kali dangkal, ketebalan sampah mencapai satu meter lebih,’’ jelasnya.

Baca Juga :  Polisi Buru Suporter Pemukul Remaja

Selain berakibat pada lingkungan, kesehatan warga juga ikut terganggu lantaran menimbulkan bau sangat menyengat hingga pemukiman. Kondisi seperti ini pun cukup memprihatinkan. Apalagi, respon Dians Lingkungan Hidup (DLH) selaku pemangku wewenang juga lamban. ’’DLH sudah saya lapori, tapi belum ada tindak lanjut sampai sekarang,’’ sesalnya.

Hingga kini, DLH sekaan tutup mata atas persoalan ini. Harusnya, lanjut Masrukhan, masalah sampah seperti ini jadi perhatian serius. Selain bisa mencemari lingkungan, juga mengancam kesehatan warga. Apalagi, lokasinya juga di pinggir jalan raya yang kerap dilalui masyarakat baik ke Mojokerto atau pun luar daerah. ’’Ini kan jalur alternatif Mojokerto-Jombang, harusnya malu dan dapat penanganan cepat dari DLH, karena ini sebagai perwajahan Kabupaten Mojokerto,’’ tandasnya. Terpisah, Kepala DLH Kabupaten Mojokerto Zaqqi, belum merespons saat dikonfirmasi. (ori/fen)

Baca Juga :  Perusahaan Bungkam, DLH Tak Tegas

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/