25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

Antusias, Peserta Pelatihan Jurnalistik di SMPN 1

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Pelatihan jurnalistik bertemakan Belajar Jurnalistik bareng Ning Ita di SMPN 1 Kota Mojokerto, Selasa (24/1) terasa istimewa. Sebab, pelatihan kali ini diikuti siswa-siswa pilihan dari pengurus OSIS dan peserta ektrakurikuler jurnalistik.

’’Di sini ada ekstrakurikuler jurnalistik. Dan kita libatkan juga para pengurus OSIS,’’ ujar Kepala SMPN 1 Kota Mojokerto Irene Darmono. Karena siswa-siswa pilihan dan interest di bidangnya, pelatihan berjalan ini berjalan dinamis. Para siswa terlihat antusias selama pelatihan berlangsung. Apalagi pemateri yang juga mantan jurnalis ini mampu menyuguhkan berbagai inovasi melalui game yang menarik pula.

Tidak hanya mendapatkan materi jurnalistik, para peserta ini juga diasah ketelitian mereka, melalui senam otak atau brain game. ’’Karena untuk menjadi penulis atau wartawan yang baik itu harus memiliki otak yang cerdas,’’ ujar Iwan Rokhim, yang juga mantan Kepala Biro Surabaya Post untuk wilayah Mojokerto Raya ini.

Baca Juga :  Dewan Pers Apresiasi Media Arus Utama yang Jaga Kualitas Jurnalistik

Selain itu, anak-anak juga mendapatkan materi tentang cara menulis artikel. Mencari ide, menyusun kerangka karangan, melengkapi data atau mencari referensi, membuat judul yang menarik, hingga menyusunnya menjadi sebuah tulisan yang layak untuk dibaca.

Tidak hanya itu, para siswa juga diajak untuk mengetahui sejarah jurnalistik di Indonesia. Semenjak penjajahan hindia belanda, sampai jurnalistik era reformasi ini. Pun dikenalkan dengan wartawan perempuan pertama di Indonesia, Ruhana Kudus yang pada tahun 2019 lalu ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

’’Tidak banyak wartawan yang mengenal beliau, padahal beliau orang hebat yang tidak pernah mengenal bangku sekolah, belajar dengan home schooling namun bisa mendirikan surat kabar perempuan pertama di Indonesia pada tahun 1912,’’ ujar Iwan yang pernah menjabat sebagai Kepala Biro Surabaya Pagi di Mojokerto ini.

Baca Juga :  Ini Video Detik-detik Kecelakaan Bus Sugeng Rahayu Tabrak Truk di Mojokerto

Pelatihan yang diselenggarakan Brilliant Brain Community (BBC) ini akan dilangsungkan hampr di semua SMPN di Kota Mojokerto. BBC sendiri merupakan lembaga yang sudah berpengalaman mengadakan berbagai pelatihan sejak tahun 2009 lalu. Mulai pelatihan stimulasi keseimbangan otak, pelatihan pembelajaran untuk para guru, outbond kids maupun dewasa, pelatihan senam otak dan masih banyak lagi. ’’Tahun 2011 lalu kita pernah bikin pelatihan senam otak di Sri Ratu Kediri yang diikuti oleh 1.500 orang. Jadi membuat acara pelatihan sudah menjadi pekerjaan kami. Ribuan orang sudah pernah mengikuti,’’ ujar Iwan. (*)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/