25.8 C
Mojokerto
Saturday, December 3, 2022

SMPN 5 Kota Mojokerto, Siswa Digeber Diklat Kepalangmerahan

SMPN 5 Kota Mojokerto menggulirkan Diklat Orientasi Kepalangmerahan pada siswa. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan peserta didik organisasi dan peran PMR maupun PMI. Selain itu sebagai upaya internalisasi Tri bakti dan 7 Prinsip.

Berlokasi di Aula SMP Negeri 5 Mojokerto, acara tersebut dibuka oleh Waka Kesiswaan Agus Sulistiono dan berlangsung selama 15-16 November 2022. Diklat yang diisi oleh pemateri PMI Kota Mojokerto ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam keahlian yang diperoleh diri sendiri maupun orang lain.

”Materi kegiatan orientasi ini mencakup teori dan praktik. Dengan tujuan agar peserta orientasi memahami tugas kemanusiaan serta memiliki bekal teknik dan tatacara pertolongan pertama,” ujar pelatih ekskul PMR SMP Negeri 5 Mojokerto Roni Hidayat.

Baca Juga :  DPD PPNI Kabupaten Mojokerto Berangkatkan Perawat dan Sembako ke Cianjur

Total ada 80 peserta yang mengikuti kegiatan orientasi kepalangmerahan ini. Mereka mengaku antusias dan bersemangat saat berpasrtispasi dalam diklat tersebut. ”Karena mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang bisa diterapkan dalam menolong sesama,” ulas Mellysa Putri Keyza, salah satu siswa.

Kepala SMPN 5 Kota Mojokerto Nono Purnomo berharap, materi yang diberikan ke peserta bisa memberikan pengalaman dan pengetahuan pertolongan pertama dari kecelakaan. Serta saling bahu membahu sesama saat ada orang yang memerlukan bantuan. ”Semangat ini, tentu sejalan dengan penerapan profil pelajar Pancasila pada dimensi gotong royong. Yang menjadi sasaran peningkatan P5 pada kurikulum merdeka,” jelas dia.

Kegiatan diklat ditutup dengan pemasangan badge PMI di lengan kiri peserta secara simbolis. Prosesi tersebut menandakan mereka berhasil dilantik sebagai anggota PMR dan bertugas memberikan pengabdian sepenuhnya kepada sesama. ”Kami harap siswa dapat bersinergi dengan kegiatan di SMP Negeri 5 Mojokerto. Sekaligus mengaplikasikan pengalaman yang didapat pada masyarakat sekitar,” tutup Humas SMP Negeri 5 Mojokerto Umi Khoyimah. (oce/ron/adv)

Baca Juga :  Ratusan Lembar Blangko Ijazah Dimusnahkan Dikbud Kota Mojokerto

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/