alexametrics
30.8 C
Mojokerto
Monday, August 15, 2022

CATEGORY

Mojopahit

Arkeolog BPCB Jatim Bantah Temuan Beras Kuno

TEMUAN sejumlah beras dan gabah di kompleks Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, tengah ditangani tenaga ahli BPCB Jawa Timur. Namun, temuan yang disinyalir sebagai beras kuno itu kemungkinan besar tidak terkategori sebagai objek cagar budaya.

Perajin Bata Temukan Beras Kuno Di Sisi Timur Kompleks Situs Kumitir

WARGA menemukan sejumlah beras di komplek Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo. Terpendam di kedalaman sekitar 1,5 meter, beras tersebut disinyalir sebagai beras kuno peninggalan era Majapahit.

Gapura Utama Berbentuk Paduraksa

TEKA-teki pola struktur bangunan Situs Bhre Kahuripan di Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, perlahan terungkap. Arkeolog BPCB Jatim menyebut, gapura bagian utama kuil peninggalan Majaphit tersebut berbentuk paduraksa.

Sumur Permukiman Era Raja Majapahit Tribuana Tunggadewi Ditemukan

TEMUAN peninggalan cagar budaya di areal Situs Tribuana Tunggadewi, Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto perlahan meluas. Usai Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim melakukan ekskavasi di sisi selatan situs utama, kemarin warga menemukan beberapa sumur tua.

Situs Raja Majapahit Tribuana Tungga Dewi di Mojokerto Kembali Diekskavasi

SALAH satu peninggalan Kerajaan Majapahit di Kabupaten Mojokerto kembali diekskavasi. Adalah Petilasan Tribuana Tungga Dewi alias Situs Bhre Kahuripan mulai kembali digali kemarin. Pada tahap empat ini, BPCB Jawa Timur membidik sisi barat daya situs.

Bangun Taman Historis Majapahit di Trowulan Mojokerto Telan Rp 50 Miliar

DISBUDPORAPAR bakal membangun Historis Majapahit di Kecamatan Trowulan. Pembangunan di eks Tanah Kas Desa (TKD) Trowulan ini akan menghabiskan biaya hingga Rp 50 miliar.

Warga Pacet, Mojokerto Temukan Ratusan Bata Kuno di Kebun Bambu dan Sumur

SEJUMLAH objek diduga cagar budaya (ODCB) ditemukan warga di Dusun Wonokerto, Desa Warugunung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Ratusan bata kuno disinyalir sebuah struktur dinding keliling. Warga juga mendapati sejumlah batuan kuno di dasar sumur setempat.

Batuan Kuno Tercecer hingga Dasar Sumur, Temuan ODCB Desa Warugunung Pacet

RUPANYA, batuan kuno objek diduga cagar budaya (ODCB) ditemukan warga di Dusun Wonokerto, Desa Warugunung, Kecamatan Pacet, tidak hanya ditemukan di permukaan tanah. Warga turut mendapati sejumlah batuan kuno di dasar sumur yang tak jauh dari lokasi.

Dinamai ”Selokelir” karena Ada Struktur Batu Andesit dengan Relief Wayang

ASAL usul nama Candi Selokelir, di Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabuaten Mojokerto, tidak lepas dari karakter struktur candi itu sendiri. Struktur candi yang terbentuk dari susunan batuan andesit sekaligus dipenuhi dengan corak relief yang bervariatif.

Candi Selokelir Ditemukan 1904 Usai Kebakaran Lahan Gunung Penanggungan

CANDI Selokelir di Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, punya sejarah tersendiri. Situs peninggalan kerajaan Majapahit itu kali pertama ditemukan oleh salah seorang mandor kebun kopi pada tahun 1904. Sejarah lain menyebut, penemuan itu setelah Penanggungan mengalami kebakaran hebat.

Berita Terbaru

/