25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

Alun-Alun Ditutup Total

Pembangunan Tugu Dimulai, Area Harus Steril

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Akses kunjungan wisata di Alun-Alun Mojokerto akan ditutup total hingga tiga bulan ke depan. Itu dilakukan untuk mensterilkan area di sekitar proyek pembangunan tugu yang didirikan setinggi 45 meter.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mojokerto Bambang Mujiono mengungkapkan, penutupan kunjungan alun-alun diputuskan setelah menggelar rapat bersama dengan sejumlah instansi terkait. Menurutnya, kebijakan itu sehubungan dengan makin tingginya struktur bangunan dan keberadaan alat crane di lokasi proyek pembangunan tugu. ”Pertimbangan utama demi keselamatan, karena struktur tugu sudah makin tinggi,” terangnya.

Dari perencanaan pendirian tugu setinggi 45 meter, struktur tugu alun-alun kini telah menyentuh elevasi 21 meter dari permukaan tanah. Sehingga, sebut Bambang, perlu dilakukan sterilisasi di area sekitar proyek dalam radius tertentu. ”Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, maka alun-alun kami tutup sementara,” ujarnya.

Baca Juga :  Lahirkan Wisata Edukasi di Tengah Hutan

Bambang menyatakan, penutupan kunjungan akan diberlakukan mulai hari ini. Dia mengatakan telah berkoordinasi dengan Satpol PP dan sejumlah instansi terkait untuk memasang barikade pada akses masuk di alun-alun.

Penutupan kunjungan dilakukan hingga pekerjaan proyek tuntas. Sejak berkontrak 12 Juli lalu, proyek dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,7 miliar dari APBD itu di-deadline rampung paling lambat 19 Desember mendatang. ”Insyaallah kami rencanakan mulai besok (hari ini, Red) ditutup sampai 25 Desember hingga semua pekerjaan selesai,” paparnya.

Mantan Camat Magersari ini mengaku optimistis proyek lanjutan yang menyentuh tugu dan kolam di alun-alun bisa tuntas sesuai kontrak. Sebab, pekerjaan fisik dinilai masih on schedule.

Baca Juga :  Tender Delapan Proyek di Kota Mojokerto Nyantol

Hingga kemarin, kata Bambang, progres pekerjaan sudah terealisasi 41 persen atau melampaui dari target semula 37 persen. ”Sekarang pekerjaan badan tugu dan cover tugu dikerjakan secara simultan biar tidak sampai telat,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, tugu Alun-Alun Kota Mojokerto dilakukan perombakan ulang dengan memadukan corak Majapahitan dan unsur kemerdekaan. Di antaranya pada bagian tugu dibangun 19 anak tangga dan badan tugu setinggi 45 meter yang melambangkan tahun diproklamasikan kemerdekaan RI pada 1945. Pada bagian kolam juga dibangun dengan bentuk Surya Majapahit yang memiliki 8 sudut sebagai simbol bulan Agustus. (ram/ron)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/