25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

Terminal Mulai Padat Hari Ini

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Peningkatan mobilitas belum terdeteksi di hari pertama operasi pengamanan libur Natal dan tahun baru (Nataru) kemarin. Hal ini terlihat dari situasi di terminal maupun arus lalu lintas jalan raya nasional dan tol yang cenderung masih stagnan.

Di Terminal Kertajaya Kota Mojokerto kemarin siang misalnya, tak terpantau adanya kepadatan penumpang. Hilir mudik bus juga masih landai belum menunjukkan adanya peningkatan intensitas dari hari-hari sebelumnya. ’’Pagi tadi sempat ramai, sekarang sudah sepi lagi,’’ kata perwira pengendali (padal) Pos Pengamanan (Pos Pam) Terminal Kertajaya Iptu Marianto.

 Plt Kepala UPT LLAJ Mojokerto Yoyok Kristyowahono mengatakan, selama ini, angkutan bus ketika libur Nataru tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini berbeda ketika libur Lebaran yang ditandai banyaknya pemudik. Jumlah penumpangnya pun cenderung masih sama dengan hari biasa. Setiap hari, jumlah bus yang datang dan berangkat dari Terminal Kertajaya sekitar 150 sampai 180 armada. ’’Untuk jumlah penumpangnya naik turun selama 24 jam sekitar 1.500 sampai 2.000 orang,’’ terangnya.

Baca Juga :  Diikuti 159 Wisudawan, Siapkan Lulusan Berkompetensi Bidang Kesehatan

Yoyok menyebutkan, peningkatan penumpang di terminal bakal mulai terlihat pada Sabtu (25/12). Pada hari libur ini, diprediksi banyak warga yang melakukan perjalanan mudik. ’’Mulai sore ini (kemarin sore, Red) sampai besok (hari ini, Red) kemungkinan mulai naik,’’ jelas dia. 

Selain di terminal, kondisi landai juga terpantau di Jalan Bypass. Di jalur Nasional ini, belum terpantau adanya peningkatan arus lalu lintas kendaraan. Padal Pos Pam Sekar Putih Ipda Lukman Basoni menyatakan, volume kendaraan masih stagnan. ’’Kalau sore ramai, tapi ini terjadi setiap hari. Artinya belum ada peningkatan,’’ ucapnya.

Situasi serupa juga terpantau dari pospam yang didirikan di dua pintu tol masuk Mojokerto. Yakni GT Penompo, Kecamatan Jetis serta GT Gedeg. Arus lalu lintas masih landai seperti hari biasanya. Basoni memprediski, grafik peningkatan arus lalu lintas bakal terlihat pada akhir pekan depan. Saat di mana pergantian tahun datang. ’’Kalau dekat tahun baru kemungkinan bakal naik. Karena lebih banyak yang libur,’’ bebernya. (adi/abi)

Baca Juga :  Sekolah Libur, Dilarang Liburan

 

 

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/