25.8 C
Mojokerto
Saturday, December 3, 2022

Kelurahan Meri Kota Mojokerto, Rintis Wisata Kuliner Kuwung Sehat

KELURAHAN Meri, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto terus berinovasi dalam mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Salah satunya dengan merintis Wisata Kuliner Kuwung Sehat. Tak hanya menyediakan ruang bagi para pelaku UMKM, kegiatan rutin yang digelar tiap hari Minggu pagi ini sekaligus menjadi sarana rekreasi untuk menikmati berbagai makakanan khas Kota Onde-Onde.

Lurah Meri Gesmanto menuturkan, Wisata Kuliner Kuwung Sehat menjadi salah satu wadah untuk pemberdayaan masyarakat. Karena dalam pelaksanaannya melibatkan para pelaku UMKM dan inkubasi wirausaha di Lingkungan Meri. ”Selain pemberdayaan masyarakat, juga dalam rangka pemulihan ekonomi pasca-pandemi,” terangnya.

DAYA TARIK: Ketua Umum Forum Kota Mojokerto Sehat Supriyadi Karima Saiful berkunjung ke Wisata Kuliner Kuwung Sehat.

Mengusung konsep wisata kuliner, kegiatan dilaksanakan secara rutin setiap hari Minggu pagi di Jalan LC Meri, Lingkungan Kuwung, Kelurahan Meri, Kecamatan Kranggan. Beraneka ragam makanan, jajanan dan minuman dijajakan oleh para pedagang di sepanjang jalan.
Gesmanto menyebutkan, tak kurang ada 50 pedagang yang berpartisipasi di Wisata Kuliner Kuwung Sehat. ”Semua dari pelaku UMKM di Kelurahan Meri,” imbuh lurah yang menjabat sejak April 2022 ini.

Baca Juga :  Bank Diserbu Penyalur, Petugas-Warga Sempat Cekcok

Sejak digulirkan Minggu 6 November 2022, Wisata Kuliner Kuwung Sehat telah tiga kali pelaksanaan. Kegiatan tersebut mendapat antisiasme tinggi dari masyarakat. Terbukti, ratusan warga tumplek-blek sejak dibuka mulai pukul 06:00 hingga 10:00 tersebut.

OLAHRAGA: Kegiatan senam pagi bersama yang menjadi salah satu rangkaian aktivitas di Wisata Kuliner Kuwung Sehat.

Tak hanya dari sisi kunjungan, wisata kuliner yang digagas secara swadaya oleh masyarakat Kelurahan Meri ini juga berhasil mendorong percepatan pemulihan ekonomi. Karena tiap pelaku UMKM mampu meraup omzet hingga jutaan rupiah.

Gesmanto menambahkan, untuk menambah daya tarik wisatawan, Wisata Kuliner Kuwung sehat juga memberikan panggung bagi pelaku kesenian tradisional. Selain itu, juga diselenggarakan aktivitas fisik dengan senam pagi bersama. ”Jadi, Wisata Kuliner Kuwung ini bertujuan agar warga sehat secara fisik maupun sehat secara ekonomi,” bebernya.

Baca Juga :  Polisi: Temuan 48.457,1 gram Kokain di Anambas Selamatkan 500.000 Jiwa
JADI DESTINASI: Sepanjang Jalan LC Meri, Lingkungan Kuwung, Kelurahan Meri, Kecamatan Kranggan dipadati pengunjung saat Minggu pagi.

Hal tersebut juga didukung oleh masyarakat dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan. Karena itu, panitia juga menyiapkan tempat sampah dan papan imbauan agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan. Di samping itu, di lokasi juga telah tersedia fasilitas untuk toilet umum. ”Kami juga telah berkoordinasi dengan Forum Kota Mojokerto Sehat agar ke depan makanan yang disediakan pedagang terjamin keamanannya untuk kesehatan,” tambah Gesmanto. (ram/ron)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/