25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

Saluran Air di Kedundung Kota Mojokerto Kerap Tersumbat Sampah

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Masih marak ditemukan sampah yang dibuang sembarangan di wilayah kota. Sampah tersebut menyumbat aliran dam air yang berada di Jalan Baru Empu Gandring Barat, Lingkungan Randugede, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari.

Pantauan Jawa Pos Radar Mojokerto di lokasi, sampah yang terbawa tersangkut di dam air menuju Jalan Semeru itu didominasi oleh sampah rumah tangga. Tak hanya itu, terlihat sekumpulan styrofoam dan sampah plastik tersumbat di aliran tersebut. ’’Biasanya dibuang malam, yang buang PKL-PKL sekitar sini,’’ ujar Widodo, salah satu petani yang menggarap lahan di sekitar wilayah tersebut.

Dia mengaku sangat terganggu dengan keberadaan sampah tersebut. Sebab, selain menimbulkan bau tak sedap, aliran air dam tersebut juga terganggu. Dia berharap pemda atau instansi terkait segera mangambil tindakan terkait dengan keberadaan sampah tersebut. ’’Ini juga lagi musim hujan, takutnya malah memicu banjir. Baunya setiap pagi nggak enak,’’ bebernya.

Baca Juga :  Jamaah Haji Hanya Diperkenankan Bawa Tiga Tas saat Kepulangan

Menanggapi hal itu, Lurah Kedundung Yukhal Mei Irwanto mengatakan, pihaknya masih akan menelisik asal pembuangan sampah yang dibiarkan menyumbat dam air tersebut. Lebih lanjut, diupayakan bakal ada pemasangan larangan agar warga tak lagi membuang sampah di aliran tersebut. ’’Besok (hari ini, Red) kita coba telusuri dulu asal mulanya sampah itu dibuang darimana. Nanti baru akan kami tindaklanjuti lagi,’’ ulasnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Kabid Sumber Daya Air DPUPRPRKP Kota Mojokerto Moh. Afif Hasan mengakui memang masih banyak PKL di sekitar daerah tersebut yang bandel membuang sampah secara sembarangan. Biasanya, setiap hari petugasnya bakal turun membersihkan tumpukan sampah itu. ’’Meski sudah dibersihkan tapi nanti bandel lagi. Biasanya petugas kita rutin membersihkan untuk diangkut ke TPA Randegan. Besok akan kami pantau lagi,’’ pungkasnya. (oce/fen)

Baca Juga :  Gejolak Berhasil Diredam Kodam Brawijaya

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/