27.8 C
Mojokerto
Saturday, December 3, 2022

Kelurahan Balongsari Kota Mojokerto, Berdayakan ODGJ Dirikan Jasa Cuci Motor

KELURAHAN Balongsari, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto berhasil memberdayakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dengan berwirausaha. Di antaranya dengan mendirikan bisnis jasa cuci motor Mandiri Jaya. Usaha yang dibangun dari hasil swadaya masyarakat di Jalan Benteng Pancasila (Benpas), Nomor 23 ini tak hanya membekali keterampilan, tetapi juga mampu menambah penghasilan dari masyarakat binaan Posyandu Lentera Jiwa.

Lurah Balongsari Ageng Ardhyanto mengungkapkan, sejak diresmikan 18 Mei 2022 lalu, jasa usaha cuci motor Mandiri Jaya sudah mengalami sejumlah perkembangan. Salah satunya terkait peningkatan pelayanan terhadap pelanggan. ”Saat ini, di Mandiri Jaya sudah membuka layanan jasa pencucian dengan antar-jemput motor,” ungkapnya.

Untuk bisa mendapatkan servis tersebut, customer cukup menghubungi nomor telepon seluler dari operator Mandiri Jaya (lihat grafis). Ageng menyebut, layanan pencucian antar-jemput motor ini bisa dimanfaatkan bagi para pelanggan di sekitar Kelurahan Balongsari.
Ongkos yang dipatok sangat bersahabat. Pelanggan cukup merogoh Rp 15 ribu dengan hasil motor yang bersih tanpa harus keluar rumah. ”Antar-jemput motor dilakukan teman-teman pendamping dari Posyandu Jiwa. Sedangkan proses pencucian sepenuhnya ditangani warga ODGJ yang sudah kami lakukan pembinaan dan pelatihan sebelumnya,” terangnya.

Baca Juga :  KPU Ajukan Anggaran Renovasi Gedung Rusak Rp 160 Juta

Ageng menuturkan, para pekerja di Mandiri Jaya merupakan ODGJ dengan kondisi kejiwaan yang telah stabil. Sebelumnya, mereka telah melalui serangkaian kursus untuk mengasah keterampilan mencuci motor dari kader Posyandu Lentera Jiwa, Kelurahan Balongsari.

Karena itu, kualitas pelayanan tak perlu diragukan lagi. Terlebih, terdapat tenaga pendamping yang selalu mengontrol selama proses pekerjaan pencician motor. Di samping pelayanan, jasa usaha cuci motor Mandiri Jaya ini juga bertujuan untuk menghapus stigma ODGJ di masyarakat yang kerap dipandang sebelah mata. ”Dengan keberadaan Mandiri Jaya ini mereka bisa berinterkasi langsung dengan masyarakat. Bahkan, sekarang sudah bisa menjalin komunikasi dengan para pelanggan,” tambahnya.

Tak hanya membekali keterampilan, jasa usaha cuci motor juga mampu menjadi sumber penghasilan dari ODGJ. Karena itu, Mandiri Jaya yang berada Jalan Benpas ini menjadi salah satu lokus yang dikunjungi tim verifikator Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Provinsi Jatim Tahun 2022 pada 15 September lalu.

Baca Juga :  Dispendik Dirikan 26 TK Negeri Baru, Tempati Kelas SDN Eks Merger

Bahkan, inovasi pemberdayaan ODGJ besutan Kelurahan Balongsari ini menyumbang nilai tertinggi pada tatanan sosial sehat. Sehingga, Mandiri Jiwa turut berkontribusi mengantar Kota Mojokerto meraih penghargaan Swasti Saba Wistara atau predikat Kota Sehat tertinggi tingkat Provinsi Jatim. ”Sehingga, tahun 2023 Kota Mojokerto akan maju untuk Kota Sehat di tingkat nasional,” tandas Ageng. (ram/ron)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/