alexametrics
31.8 C
Mojokerto
Friday, October 7, 2022

Ratusan PAUD Belum Terakreditasi

Tetap Kantongi Bantuan Operasional Pendidikan

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Ratusan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Mojokerto belum mengantongi akreditasi. Padahal, legalitas sekolah tersebut harus dipenuhi untuk menunjang mutu pendidikan.

Kabid PAUD dan Pendidikan Nonformal (PNF) Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Mojokerto Dono Wistoro mengatakan, tahun ini, ratusan PAUD belum terakreditasi. Itu menjadi atensi Dispendik untuk mendampingi ratusan lembaga tersebut dalam hal kepengurusan akreditasi. ’’Melalui data terbaru, masih ada kelompok bemain (KB) dan TK dan satuan PAUD sejenis (SPS) di kabupaten yang belum terakreditasi,’’ paparnya.

Dono menyebutkan, berdasarkan hasil rekap di dapodik, dari 1.063 PAUD, sebanyak 541 lembaga belum terakreditasi. Rinciannya, 104 lembaga TK dan 348 KB serta 89 SPS. Penyebabnya karena belum memenuhi standar sesuai dengan aturan pusat. ’’Salah satu persyaratan yang dijadikan acuan memperoleh akreditasi, dilihat dari sarana prasarananya. Termasuk juga dilihat dari jumlah siswanya,’’ ungkap dia.

Baca Juga :  Rusa Perhutani Kabur, Warga Padusan Geger

Masih kata Dono, karena jumlahnya masih banyak, pihaknya terus memberikan pendampingan terhadap lembaga PAUD yang belum terakreditasi tersebut. Targetnya, tahun ini, ratusan lembaga tersebut bisa segera mengajukan akreditasi. ’’Pendampingan ini bekal yang harus dipersiapkan peserta terkait persyaratan akreditasi. Kami dampingi terus agar semua lembaga bisa terakreditasi dan mutu pendidikannya menjadi lebih baik,’’ ucapnya.

Kendati ratusan lembaga tersebut belum terakreditasi, Dono menyatakan lembaga PAUD tetap menerima bantuan untuk keberlangsungan kegiatan pembelajaran. Yakni melalui bantuan biaya operasional pendidikan (BOP) dan insentif bagi guru PAUD. Asalkan, lembaga tersebut sudah terdaftar dalam dapodik dan memiliki nomor pokok sekolah nasional (NPSN). ’’Untuk besaran BOP PAUD, per anak akan menerima Rp 610 ribu dalam setahun,’’ pungkasnya. (oce/fen)

Baca Juga :  Layanan Public Safety Center 119, Cepat Tangani Insiden Darurat

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/