29.8 C
Mojokerto
Thursday, February 9, 2023

Puskesmas Gedongan Bakal Dipindah ke Sawunggaling

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Puskesmas Gedongan Kota Mojokerto akan direlokasi oleh Pemkot Mojokerto. Setidaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk mendirikan puskemas baru. Pemindahan dilakukan karena di lokasi saat ini dinilai kurang memadai.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto Maria Poeriani Soekowardani menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melengkapi sejumlah dokumen perencanaan. Sebab, pembangunan puskesmas baru akan digulirkan mulai tahun depan. ’’Pembangunannya nanti di tahun 2021. Jadi sekarang masih konsultasi-konsultasi terkait perencanaannya,’’ terangnya.

Dia menyebutkan, proses pembangunan tidak merombak bangunan lama Puskesmas Gedongan. Namun, bakal didirikan gedung baru di atas lahan aset Pemkot Mojokerto di Jalan Sawunggaling, Kelurahan/Kecamatan Magersari.

Baca Juga :  Berdiri Belasan Tempat Usaha

Mantan Wadir Pelayanan Medik RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo ini menyebutkan, pemindahan Puskesmas Gedongan dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan. Terlebih, fasilitas kesehatan (faskes) yang berada di Jalan Gajah Mada saat ini tidak memiliki lahan untuk parkir. ’’Karena sudah tidak muat, tempat parkir saja tidak ada,’’ bebernya.

Sementara itu, Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Citra Mayangsari menyebutkan, tidak tersedianya lahan parkir di Puskesmas Gedongan selama ini menjadi kendala bagi pasien. Sehingga, di lokasi puskesmas baru nanti, tempat parkir menjadi salah satu prioritas. Baik untuk roda dua maupun roda empat.

Di samping itu, peningkatan juga dilakukan terhadap pelayanan kesehatan lainnya. ’’Utamanya pada pelayanan lansia dan gangguan jiwa. Nanti akan dioptimalkan kembali,’’ tandasnya.

Baca Juga :  Kampus Unggulan, Gelar Wisuda Virtual

Mantan Kepala Puskesmas Wates ini, menyebutkan, kebutuhan dana untuk pembangunan gedung puskemas terbilang cukup besar. Setidaknya, dinkes telah memploting anggaran sebesar Rp 6-7 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021.

Kendati demikian, ungkap Citra, tidak ada perubahan pelayanan di Puskesmas Gedongan nanti. Sehingga, fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) tersebut hanya melayani rawat jalan. ’’Karena kita sudah ada pelayanan rawat inap di Puskesmas Kedundung dan Puskesmas Blooto,’’ pungkasnya. 

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/