25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

Diikuti 159 Wisudawan, Siapkan Lulusan Berkompetensi Bidang Kesehatan

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Majapahit menggelar acara wisuda yang ke-15. Wisuda yang digelar sejak pagi hingga sore ini di Ayola Hotel Mojokerto ini berjalan dengan lancar, Selasa(14/12).

Kegiatan wisuda digelar hingga menjelang sore ini sesuai dengan anjuran satgas Covid-19. ’’Sesuai arahan satgas covid-19, acara STIKES Majapahit digelar dengan dua sesi. Yakni, pelaksanaan pelantikan digelar pagi dan siangnya baru acara wisuda,’’ kata Ketua STIKES Majapahit Mojokerto, Dr Henry Sudiyanto, S.Kp, M.Kes.

Tahun ini, lanjut Henry, pemerintah memberlakukan uji kompetensi. Lembaga pendidikan tidak akan mewisuda jika belum lulus dari uji kompetensi. Dan, waktu uji kompetensi sendiri diadakan setahun dua kali. ’’Jika peserta didik sudah dinyatakan lulus uji kompetensi maka peserta didik boleh mengikuti proses wisuda,’’ tandasnya.

Ia merinci, jumlah wisudawan 159 orang. Terdiri dari  143 wisudawan dari profesi ners, D3 keperawatan sebanyak 4 wisudawan dan D3 Kebidanan sebanyak 12 wisudawan. Henry menambahkan, dalam kesempatan wisuda kali ini, dihadiri dari berbagai elemen. Yakni; perwakilan Bupati Mojokerto; Kepala LL DIKTI Wilayah VII, Prof. Dr Ir Soeprapto, DEA; Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto; Ketua PPNI Jawa Timur, Prof Dr H Nursalam, Mnurs (Hons); Ketua IBI Jawa Timur yang diwakili, Hj Nur Zuwariyah, SST, Mkes; Ketua IAKMI dan PERSAKMI Jawa Timur; dan tamu undangan dari RSUD di wilayah Mojokerto dan Sidoarjo.

Baca Juga :  Berakar Kebijaksanaan dan Kejernihan Jiwa

’’Untuk wisudawan terbaik dan berprestasi mendapatkan penghargaan dari STIKES Majapahit, BNI Cabang Mojokerto dan PT Inti Dragon Suryatama Mojokerto serta Larissa Aesthetic Mojokerto,’’ tegasnya.

Pada waktu yang bersamaan, Ketua Yayasan Kesejahteraan Warga Kesehatan (YKWK) Mojokerto, Dr Nurwidji, M.Si mengucapkan selamat bagi peserta didik yang telah mengikuti proses wisuda tahun ini. ’’Selamat bagi anak-anak didik yang tengah berbahagia. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi di tempat yang baru,’’ ujarnya.

Ke depannya, tambah Nurwidji, akan ada perencanaan pengembangan yang bisa meningkatkan kualitas dari peserta didik. Yakni, menambah program studi menjadi universitas. Dan, yang kedua, jika sudah komplit, akan ada pembangunan rumah sakit tipe B dengan alokasi tanah 5 hektar. Yang ketiga yakni pembangunan laboratorium terpadu.

Baca Juga :  Gelar Aksi Kemanusian Donasi Erupsi Gunung Semeru

’’Semoga semua perencanaan yang akan datang bisa segera terwujud. Harapannya, semoga anak didik yang sudah diwisuda ini bisa diterima di pekerjaan negeri atau swasta. Dan, diterima masyarakat serta benar benar bisa dipraktekkan apa yang didapatkan di bangku perkuliahan dan saya berpesan yakni akhlak, selain skill dan keberanian,’’ pungkasnya. (dik/fen)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/