25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

308 Napi Diusulkan Peroleh Remisi

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Sebanyak 308 narapidana (napi) Lapas Kelas II-B Mojokerto diusulkan mendapat remisi. Jika usulan ini disetujui, terdapat tujuh orang di antaranya yang langsung bebas saat peringatan kemerdekaan 17 Agustus mendatang.

Kasi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas II-B Mojokerto mengatakan, pemberian remisi masih dalam proses pengajuan. Sebanyak 308 napi yang telah memenuhi syarat diusulkan mendapat remisi umum (RU) HUT RI Ke-76 tahun ini. ”Pengurangan masa tahanan napi yang mendapat remisi ini bervariasi,” terangnya.

Hingga Jumat (13/8) surat keputusan (SK) persetujuan itu belum terbit. Jika usulannya disetujui, sebanyak tujuh napi langsung ”merdeka” alias bebas. Mereka bisa mendapat RU II karena masa hukuman pidananya sudah habis setelah mendapat remisi pada 17 Agustus. ”Semisal, yang semestinya baru bebas September, karena dapat remisi akhirnya langsung bebas,” kata Bayu.

Baca Juga :  Sebatas Ngugemi Dawuh Kiai

Di samping itu, sebanyak 301 napi lainnya bakal mendapat RU I berupa keringanan masa hukuman. Mulai dari satu bulan hingga lima bulan pengurangan penjara. Dia menyebutkan, jumlah napi yang diusulkan mendapat remisi tahun ini lebih banyak daripada yang tidak diusulkan.

Napi yang diusulkan remisi harus memenuhi sejumlah syarat. Di antaranya menjalani masa hukuman minimal enam bulan penjara dan tidak menjalani pidana pengganti denda, serta hukuman di sel isolasi. ”Kemudian bersedia bekerja sama melalui JC (justice collaborator) untuk mengungkap kasus,” ujarnya.

Karena tak memenuhi syarat ini, sebanyak 208 napi tidak diusulkan tidak bisa diusulkan mendapat remisi.Kendati demikian, program remisi ini, lanjut Bayu, diharapkan bisa mengurangi tingkat overkapasitas di lapas yang mencapai 300 persen. Per Kamis (12/8), jumlah penghuni lapas sebanyak 937 orang. Meliputi 527 napi dan 410 tahanan. Dengan klasifikasi 141 orang tersangkut pidana umum, 780 pidana narkotika, 11 orang kasus korupsi, dan lima orang kasus illegal logging. 

Baca Juga :  Video Adegan Panas Pasangan Remaja Mojokerto Beredar

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/