30.8 C
Mojokerto
Sunday, May 28, 2023

Volkswagen Super Beetle

Volkswagen memiliki tipe jenis sport. Berkapasitas 1600 CC, mobil ini hanya beredar selama 2 tahun. Medio 1971 hingga 1972 saja. Karena limited edition, mobil ini kerap diburu para pencinta otomotif.

 Seperti Johan Agus Kurniawan, warga Pangrango Raya 6, Kota Mojokerto. VW Beetle 1971 miliknya kerap menjadi ajang perburuan. ’’Mobil ini pernah saya lepas tahun 2014. Dan kembali ke tangan saya lagi, tahun 2020 kemarin,’’ katanya mengawali ceritanya.

Diceritakan Johan, 6 tahun lalu, mobil warna marina blue itu dilepas ke seorang pencinta mobil klasik. Dan, mobil itu tak dipakai layaknya kendaraan lain miliknya. Hanya digunakan sebagai pajangan di rumahnya. Namun, di tahun 2020, mobil itu dilepas. ’’Akhirnya, saya beli dan mobil ini kembali ke saya lagi,’’ bebernya.

Baca Juga :  Kepala Bakesbangpol Kota Mojokerto Moch Imron Tutup Usia

Bagi Johan, mobil VW versi ini menjadi idaman para penghobi mobil klasik. Karena, banyak kelebihan di banding versi yang lain. Dicangkok mesin tipe 1302, mobil ini direstorasi ulang secara total sesuai produksi awal dari pabriknya. Performa mesin dikembalikan secara detail sehingga tarikan mesin sangat perfect. 

Sirkukasi udara kendaraan ini sangat baik. Seperti, munculnya tutup kabin belakang yang memiliki dua kolom lubang angin. Sehingga, sirkulasi udara sebagai pendingin mesin (air cooled) berfungsi sangat baik. Ventilasi udara berbentuk bulan sabit dilapisi logam ditambahkan di belakang jendela belakang dan memastikan udara segar cukup untuk interior.

Yang paling mencolok dari VW ini terlihat vintage di sektor eksterior. Yakni dengan tampilan velg original dan ring beauty yang menempel keren.

Baca Juga :  Pemkot Minta Laporan THR Perusahaan

Mobil milik Johan ini mampu membuat kilas balik para pencinta VW Kodok. Karena, hampir semua sektor masih mempertahankan orisinalitasnya. ’’Sekitar 80 persen sesuai aslinya. Yang berubah hanya cat. Karena pernah repaint,’’ bebernya.

Karena ikoniknya itulah, koleksi Johan ini sukses menyingkirkan ratusan kontestan di ajang Festival VW yang digelar di Jogja 2013 silam. Saat itu, ia berhasil meraih The Best Resto Vintage. Mobil ini direstorasi Karpet Merah VW Mojokerto.

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/