alexametrics
31.8 C
Mojokerto
Friday, October 7, 2022

Jalan Dibeton, Jalur Pungging-Mojosari Dialihkan

Pengerjaan Proyek Peningkatan Ruas Jalan di Pungging

PUNGGING, Jawa Pos Radar Mojokerto – Proyek peningkatan ruas Jalan Lebaksono – Wonogiri (Desa Tunggalpager), Kecamatan Pungging, tengah digarap. Selama pengerjaan, kepolisian memberlakukan rekayasa arus lalu lintas. Tak lain untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan dan kemacetan di Simpang Empat SMKN 1 Pungging.

Kasatlantas Polres Mojokerto AKP M Bayu Agustyan mengatakan, rekayasa arus lalu lintas yang diberlakukan yakni dengan membuka jalur dalam kota untuk kendaraan berat. Sebab, Jalan Raya Lebaksono yang biasa dilintasi kendaraan berat dari wilayah Ngoro menuju Mojokerto, kini tengah diperbaiki. ”Kami berlalukan pengalihan arus selama pengerjaan perbaikan jalan berlangsung. Terhitung dari 8 Agustus sampai 3 Desember mendatang,” ungkapnya.

Perbaikan jalan di sisi utara persimpangan itu dilakukan secara bertahap. Saat ini kontraktor tengah fokus mengerjakan jalur sisi barat. Sehingga jalur sisi timur tetap dibuka untuk dilalui kendaraan dari arah utara. Begitupun untuk pengerjaan jalur timur.

Baca Juga :  Diperiksa Pejabat, Sekadar Tanda Tangani BAP

Hanya saja, untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di lokasi, hanya kendaraan berat dan warga sekitar yang boleh melintas. Sedangkan kendaraan dari arah Trawas menuju Mojosari, dialihkan sementara untuk melintasi Simpang Empat Awang-Awang. ”Untuk semua jenis kendaraan berat masuk dalam kota. Sehingga pengguna jalan bisa mengantisipasi kepadatan arus di persimpangan kota (Mojosari). Simpang Tiga Klenteng, Simpang Tiga Taman Mojosari, dan Simpang Empat Panjer,” ungkapnya.

Pihaknya bakal menerjunkan petugas untuk melakukan patroli mobil. Tak lain, untuk mengantisipasi adanya hambatan sekaligus mengurai meningkatnya volume kendaraan di sejumlah titik. ”Untuk kenyamanan bersama, kami imbau agar pengendara kendaraan pribadi menggunakan jalur alternatif lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPUPR Kabupaten Mojokerto Henri Surya menerangkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Mojokerto agar pengerjaan proyek senilai Rp 4,1 miliar bisa berjalan lancar tanpa menimbulkan macet. ”Dari pihak kontraktor sudah pasang tanda dan rambu di Simpang Empat Habibie dan dari arah utara juga. Ini supaya pengguna jalan dan pengerjaan proyek sama-sama tidak terganggu,” ungkapnya.

Baca Juga :  Seribu Bibit Tanaman Ditanam di Kota Surabaya Setiap Hari

Rencananya, ruas jalan aspal dengan panjang lebih dari 400 meter dan lebar tujuh meter itu bakal dibangun dengan rigid beton. ”Bersama pihak kontraktor, tetap kami upayakan agar pengerjaan perbaikan jalan bisa selesai sebelum tanggal 3 Desember,” tandas Henri saat dikonfirmasi kemarin. (vad/ron)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/