31.8 C
Mojokerto
Saturday, June 10, 2023

MPLS SDN Balongsari 2 Kota Mojokerto, Latih Kejujuran dan Cinta Sekolah

MASA pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) SDN Balongsari 2 Kota Mojokerto rampung dilaksanakan pada Rabu lalu (20/7). Momen ini menjadi titik balik sekolah untuk membiasakan siswa berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala SDN Balongsari 2 Kota Mojokerto Anang Sugianto mengatakan, di hari pertama pelaksanaan MPLS, peserta didik baru diperkenalkan lingkungan sekolah. Sekaligus perkenalan guru, dan teman baru. “Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik lebih mengenal dan mencintai lingkungan sekolahnya. Serta lebih dekat dengan gurunya dan lebih akrab dengan teman barunya,” ujarnya.

Selain itu, peserta didik juga diajari untuk terbiasa berbudaya antre dan memiliki karakter jujur. Itu diimplementasikan dalam program kantin kejujuran. “Mereka kita bimbing mulai tahun ini, untuk terbiasa berlatih jujur lewat kantin kejujuran,” paparnya.

Baca Juga :  Banyak Pernikahan Siri di Mojokerto Yang Tak Tercatat

Dia melanjutkan, di hari kedua, siswa mendapat materi pembiasaan pagi. Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik terbiasa mengucap salam, senyum dan sapa, mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti kegiatan Literasi Rohani sebelum pelajaran. “Peserta didik juga mendapat materi pengenalan tata tertib sekolah, visi dan misi sekolah, kegiatan ekstrakulikuler dan pengenalan wawasan wiyata mandala,” ucapnya.

Sedang di hari terakhir, semua siswa mengikuti kegiatan jalan santai di sekitar lingkungan sekolah. Lalu, dilanjutkan dengan kegiatan permainan tradisional untuk melestarikan dan mengenal permainan tempo dulu. Seperti dakon, sondak, lompat tali, dan gobak sodor. sehingga peserta didik dapat mengenal permainan tradisional tempo dulu. (oce/fen)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/