Rabu, 01 Dec 2021
Radar Mojokerto
Home / Lifestyle
icon featured
Lifestyle
Kriya Tas Berbahan Goni

Fashionable Sekaligus Ramah Lingkungan

24 Oktober 2021, 08: 55: 59 WIB | editor : Fendy Hermansyah

Fashionable Sekaligus Ramah Lingkungan

KREATIF: Salah satu perajin tas berbahan karung goni (Rizal Amrulloh/jawaposradarmojokerto.id)

Share this      

Kain goni untuk bahan karung ternyata memiliki potensi dikreasikan jadi beragam kerajinan tangan. Salah satunya bahan pembuatan tas. Keunikan warna dan serat kain yang natural mampu menghasilkan produk yang fashionable.

Anggota Kelompok Sulam Majapahit (Kesuma) Febrina Bayurini mengungkapkan, bahan kain goni paling banyak digunakan untuk dompet dan tas. Cara membuatnya pun  relatif sederhana. Hanya cukup dengan menyiapkan bahan kain goni, benang, serta peralatan menjahit. ’’Yang jelas ditentukan dulu desain seperi apa. Selanjutnya kita bikin polanya dengan bahan utama goni,’’ tandasnya ditemui di sela pelatihan produksi tas goni di Rest Area Gunung Gedangan, Kota Mojokerto.

Untuk mempermanis penampilan, goni bisa dipadukan dengan berbagai bahan lain. Mulai dari bahan kulit, perca, maupun aksesoris lain untuk memunculkan kesan mewah. Selain itu, tas akan lebih fashionable dengan sulam pita atau ragam kain nusantara. ’’Bisa dikombinasi dengan kain lurik dan batik. Jadi fleksibel, tergantung kebutuhan,’’ ujar perempuan yang akrab disapa Febri ini.

Baca juga: Lebih Praktis dan Rapi

Menurutnya, salah satu dari keunggulan dari produk tas goni adalah bahan yang ramah lingkungan. Karena kain bisa diperoleh dari hasil daur ulang karung goni. Meskipun, saat ini juga mulai banyak bahan kain goni yang masih berupa lembaran.

Dari sisi penampilan juga tak kalah uniknya. Seratnya kain goni yang kasar memunculkan kesan natural. ’’Kalau dibuat produk tas sangat bagus. Karena tampilan bisa eye catching dan menarik,” ujar warga yang tinggal di Jalan Muria Raya, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto ini.

Karena itu, kalangan remaja saat ini mulai banyak yang beralih menggunakan tas berbahan goni. Produk yang paling banyak diburu adalah variasi tote bag maupun dompet dengan desain yang simpel dengan tambahan sentuhan sablon.

Sedangkan bagi usia dewasa ke atas, kebanyakan memilih tas goni dengan beragam kombinasi bahan. Mulai dari kulit, batik, sulam pita, dan yang lainnya. ’’Tas goni sekarang memang sedang tren. Karena pengguna fashion saat ini lebih memilih bahan yang back to nature,’’ pungkasnya. (ram/fen)

(mj/ram/fen/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia