Rabu, 01 Dec 2021
Radar Mojokerto
Home / Lifestyle
icon featured
Lifestyle
Hobi Update Status

Ajang Narsistik Hingga Pelampiasan Emosi

23 Oktober 2021, 08: 30: 59 WIB | editor : Fendy Hermansyah

Ajang Narsistik Hingga Pelampiasan Emosi

CANDU: Membagikan aktivitas sehari-hari di medsos seolah menjadi kebiasaan yang sudah menjamur di berbagai kalangan saat ini. (Sofan Kurniawan/jawaposradarmojokerto.id)

Share this      

Sejak populernya medsos, kita seolah tak lagi sungkan membagi kehidupan pribadi ke publik. Rasanya, seluruh dunia harus tahu apa yang kita lakukan dan miliki. Sebagian orang menyebut, kebiasaan senang posting kehidupan pribadi, termasuk barang-barang yang dimiliki, sebagai perilaku pamer dan narsistik. Di lain pihak, banyak juga orang yang menganggap sah-sah saja kita mengekspos kehidupan pribadinya di akun miliknya.

Seperti yang dirasakan Widyawati. Wanita 44 tahun ini getol membagikan aktivitasnya setiap hari di medsos. Mulai dari curahan hatinya sampai kegiatan yang sedang dia lakukan.

Wanita akrab disapa Widya ini mengaku suka upload story di medsos kurang lebih lima tiga sampai empat jam sekali. ”Kadang berbagi quotes inspiratif yang pas sama hidup saya atau kegiatan yang sedang saya lakukan. Rasanya agak lega kalau sudah berbagi di medsos, terutama kalau sedang ketiban masalah,” ucapnya.

Baca juga: Strap Masker Tali hingga Mutiara

Selama ini, Widya aktif membagikan ceritanya di Whatsapp dan Facebook sejak 2019 lalu. Ibu empat anak ini membeber, sehari terasa hambar jika dia tak mengunggah status di medsos. Bahkan, beberapa teman langsung menanyakan kabarnya jika sehari saja story-nya tak muncul. Pasalnya, Widya dikenal sering berbagi aktivitas apapun di akun miliknya. ”Kadang kalau sibuk ya lupa buat status, malamnya baru ingat kalau seharian tidak upload apa-apa. Jadi kepikiran gitu, sampai teman tanya kenapa kok statusnya nggak muncul, dikira kenapa-kenapa,” papar warga asal Desa Watesumpak, Kecamatan Trowulan ini.

Lain halnya dengan Nathallia F. Dia beralasan suka upload status lantaran iseng belaka. Wanita kerap disapa Lia ini menuturkan, hanya aktif berbagi di akun Whatsapp saja. Itu pun hanya berbagi tentang hobi atau video tingkah lucu binatang. ”Banyak sih yang diunggah, nggak terlalu spesifik. Selain iseng juga hanya pengin berbagi cerita ke teman-teman plus sosialisasi kegiatan,” terang dia.

Usai mengunggah status, wanita 34 tahun ini mengaku memiliki kepuasan tersendiri. Sebab, memposting sesuatu tujuannya agar diketahui khalayak umum. ”Tapi nggak semua responnya positif, kadang ada juga yang merespon negatif. Makanya harus pandai memilah-milah materi kalau mau posting di medsos,” sebutnya. (oce/ron)

(mj/OCE/fen/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia