25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

Rayakan HUT Ke-70, RSUD Sumberglagah Mojokerto Launching Layanan Antar Obat

RSUD Sumberglagah merayakan HUT Ke-7 dengan melaunching program antar obat bagi pasien. Dengan layanan ini, pasien tak perlu antre untuk menerima obat.

Direktur RSUD Sumberglagah drg Shinta Sawitri MKes mengatakan, HUT kali ini dirayakan dengan sederhana. Selain bakti sosial skrining penyakit kulit di Desa Kayumas Situbondo dan di berbagai tempat di Jawa Timur, juga untuk memberikan layanan prima tersebut dilaunching program unggulan. ’’Acara bakti sosial ini sebagai bentuk kepedulian kami pada sesama utamanya saudara saudara kita yang di pelosok yang perlu bantuan hasil dua orang terindikasi penyakit kusta. Selain itu juga komitmen kami untuk memberikan layanan prima bagi masyarakat Jawa Timur,’’ ujarnya.

PEDULI: Pemberian sembako kepada para relawan.

drg Shinta Sawitri MKes menuturkan, latar belakang program penghantaran obat bagi pasien RSUD Sumberglagah adalah adanya antrean di depo farmasi rawat jalan. Hal ini berpotensi menimbulkan penularan penyakit terutama saat pandemi Covid-19. Di mana, resep yang masuk ke farmasi bisa lebih dari 200 pasien yang ditulis oleh para DPJP rawat jalan. Di mana setiap resep dapat berisi lebih dari 2 item obat, termasuk resep obat racikan. ’’Ini butuh waktu proses karena itu, kami ada inovasi penghantaran obat bagi pasien RSUD Sumberglagah,’’ tambahnya.

Baca Juga :  Komplotan Maling 11 Motor di Kabupaten Mojokerto Minta Belas Kasih Hakim

Indikator kinerja farmasi adalah waktu tunggu standar pelayanan farmasi untuk obat yang tidak diformulasikan untuk obat jadi adalah 30 menit, dan untuk obat yang diformulasikan atau obat racikan seperti kapsul, puyer dan salep adalah 60 menit. ’’Tetapi pada praktiknya layanan farmasi belum dapat memenuhi standar pelayanan tersebut,’’ tandasnya.

SIMPATI: Pemberian suvenir kepada pasien rawat inap tulip dalam rangka HUT RSUD Sumberglagah Ke-70

drg Shinta menambahkan, bertolak dari permasalahan tersebut, RSUD Sumberglagah menawarkan kemudahan berupa antar obat sampai ke rumah bagi pasien poli rawat jalan RSUD Sumberglagah dengan jumlah pelayanan maksimal lima puluh pasien perhari dan dilaksanakan setiap hari kerja, mulai pukul 13.00–15.00 WIB petugas kurir berangkat mengantar obat ke rumah pasien dengan pembagian pelayanan penghantaran dengan kriteria berdasarkan klasifikasi pasien, berdasarkan jarak tempuh dan berdasarkan jenis obat. ’’Penentuan pasien yang dapat dilayani penghantaran obat berdasarkan jarak rumah dari RSUD Sumberglagah maksimal sejauh lima kilometer dengan mengukur jalan menuju rumah pasien dengan alat bantu aplikasi Google Maps,’’ tambahnya.

Baca Juga :  Niko JPRM Sumbang Emas Perdana Porwanas XIII 2022 untuk Jatim
LAYANAN: Launching perdana program penghantaran obat bagi pasien RSUD Sumberglagah.

Untuk obat yang boleh dikirim melalui pengantar obat adalah selain obat psikotropika dan selain obat bius. Untuk obat golongan ini harus diterima langsung oleh pasiennya sendiri. Diharapkan dengan adanya pelayanan penghantaran obat pasien Sumberglagah (POP SURGA) dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat serta dapat mengurangi antrean pasien di rawat jalan serta dapat mengurangi penyebaran penyakit. ’’Untuk informasi seputar rumah sakit hubungi kami via whatsapp di 08113036663 dan call center IGD 24 jam 0882 3562 3029,’’ pungkasnya. (bas/ron)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/