29.8 C
Mojokerto
Wednesday, November 30, 2022

Fasilitasi ODGJ dengan Posyandu Jiwa, Skrining hingga Kegiatan Produktif

Dinas Kesehatan PPKB Kota Mojokerto

PEMKOT Mojokerto berupaya melayani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dengan maksimal. Salah satunya melalui pelayanan Posyandu Kejiwaan. Itu seiring jumlah penderita gangguan jiwa yang ada di kota yang mencapai ratusan orang.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Kesehatan (P2P) Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Mojokerto dr Lily Nurlaily mengungkapkan, pihaknya terus berupaya mengurangi penyakit kejiwaan melalui kegiatan posyandu kejiwaan. Dari data yang ada, menunjukkan jumlah penderita gangguan jiwa tahun ini tercatat ada 363 orang.

’’Untuk itu, kami mengupayakan ada satu puskesmas khusus yang dipusatkan sebagai penyelenggara Posyandu Jiwa yakni Puskesmas Gedongan. Ini sebagai upaya dalam membantu dan memberikan obat jiwa hingga pasien benar-benar sembuh,’’ ungkapnya.

Baca Juga :  Terdakwa Kasus Kekerasan Seksual SPI Kota Batu Ditahan di Lapas Malang

Dijelaskan, dari ratusan penderita gangguan jiwa tersebut, mereka masuk kategori kejiwaan nonpasung. Penyebabnya diakibatkan dari banyak faktor mulai hilangnya kendali dalam mengelola emosi, faktor lingkungan serta keturunan. ’’Alhamdulillah, di kota sudah tidak ada ODGJ yang dipasung. Target kita, semua ODGJ ini bisa sembuh melalui kegiatan posyandu jiwa,’’ jelas dia.

Posyandu jiwa yang digelar satu bulan sekali ini, lanjutnya, tak hanya untuk me-monitoring kesehatan ODGJ saja. Namun, mereka juga bakal diajari berkegiatan produktif. Mulai dari senam, menyanyi bersama, hingga mengasah keterampilan wirausaha. Seperti merajut kerajinan atau kursus mencuci motor.

Sebab, kegiatan produktif serta partisipasi keluarga dan masyarakat ini, dapat membantu percepatan pemulihan kejiwaan mereka. ’’Bagi pasien kejiwaan yang parah kami rujuk ke Rumah Sakit Lawang atau RS dr Soetomo untuk mendapatkan pengobatan intensif,’’ tandasnya. (oce/fen/adv)

Baca Juga :  Dugaan Praktik Prostitusi Anak di Bawah Umur Berhasil Dibongkar

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/