alexametrics
32.8 C
Mojokerto
Friday, October 7, 2022

PMI Kota Beri Penghargaan hingga Simulasi Kegawatdaruratan

Peringatan HUT PMI Ke-77

PALANG Merah Indonesia (PMI) kini genap berusia 77 tahun. Dalam perjalanannya sebagai organisasi kemanusiaan patut diberikan apresiasi yang setinggi-tingginya.

Memperingati HUT PMI tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mojokerto terus melakukan yang terbaik bagi kemaslahatan umat. Khususnya, dalam penyediaan darah, khususnya di Kota Mojokerto dan area penyangga sekitarnya. ’’Tanggal 17 September 1945 PMI berdiri. Seiring dengan Kemerdekaan Republik Indonesia, PMI mengalami banyak perubahan dalam perjalanannya,’’ kata Dimas Humas UTD PMI Kota Mojokerto.

Dimas mengatakan, kali ini dalam rangkaian hari jadi PMI Ke-77, memberikan apresiasi kepada Donor Darah Sukarela, Para Penggerak Donor Darah dan Para Mitra PMI. ’’’Kali ini, kami memberikan piagam penghargaan untuk pendonor 10 kali, 25 kali dan 50 kali dan 9 Penggerak donor darah salah satunya, Ayola Sunrise Hotel dan salah satu 9 Mitra PMI yakni Bank Jatim Cabang Mojokerto,’’ tegasnya.

Baca Juga :  Fasilitasi ODGJ dengan Posyandu Jiwa, Skrining hingga Kegiatan Produktif

Menurutnya, giat acara HUT PMI Ke-77 sangat sederhana dibandingkan 3 tahun lalu. ’’Kami bersyukur, tahun ini kami bisa melakukan giat HUT kali ini bisa di luar meskipun sangat sederhana di Rumah Rakyat, Sabtu (17/9),’’ imbuh Dimas.

Sekretaris PMI Kota Mojokerto, Choirul Anwar dalam sambutannya mengatakan, dalam momentum ulang tahun PMI Ke-77 Tahun ini mengusung tema ’’Terus Tebar Kebaikan’’ maka penyelenggaraan kegiatan ulang tahun kali ini kita arahkan pada kelancaran pelayanan darah dan pelayanan Ambulance Service.

CEKATAN: Petugas PMI Kota Mojokerto sedang mengevakuasi korban laka dalam simulasi kegawatdaruratan. (Dodik Rudiyanto/Jawa Pos Radar Mojokerto)

Ia menambahkan, selama bulan Januari-Agustus 2022 ada beberapa kegiatan. Yakni, pelayanan darah ada sekitar 12.155 orang dan pengeluaran darah sekitar 11.678 kantong sedangkan untuk layanan ambulance PMI dan kegawat daruratan medis sebanyak 368 layanan. ’’Dengan data tersebut, PMI Kota Mojokerto bisa dinyatakan mampu memenuhi permintaan darah dari rumah sakit dan faskes sebanyak 40 yang berada di Kota Mojokerto dan sekitarnya,’’ ungkap Choirul Anwar.

Baca Juga :  Ratusan Kantong Darah Terinfeksi Penyakit Menular

Selain memberikan piagam penghargaan, lanjut Choirul, dalam acara HUT PMI Ke-77 Tahun ini, juga ada simulasi kegawatdaruratan dari tim PMI Kota Mojokerto. ’’Dalam acara ini, memang kita sengaja menunjukkan simulasi kegawatdaruratan kepada para undangan agar mengetahui bagaimana cara kerja petugas PMI sewaktu di lapangan,’’ tegasnya.

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari sangat mengapresiasi para pendonor dan petugas PMI Kota Mojokerto. Karena donor bukan untuk mencari uang. Namun, donor itu mengenai kebersamaan dan kepentingan sosial. PMI mengembang tugas yang sangat mulia. Membantu sesama dengan sukarela. ’’Ini merupakan refleksi dalam hal kemanusiaan. Semoga PMI terus memberikan pelayanan kesehatan sosial dan menyediakan darah aman dan sehat,’’ pungkasnya. (dik/fen)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/