25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

Bayi Dua Bulan Bakal Diimunisasi PCV

Untuk Cegah Radang Paru-Paru

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Seluruh bayi di Kota Mojokerto bakal diimunisasi pnemumococcal conjugate vaksin (PCV) atau vaksin pencegah pneumonia dan radang paru-paru. Pemberian vaksin ini perdana kali diberikan menyusul dengan program wajib dari Kemenkes.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes PPKB Kota Mojokerto dr Lily Nurlaily mengatakan, kini pihaknya mulai mendata sasaran yang akan mendapatkan imunisasi tersebut. Untuk spesifikasi bayi yang menjadi sasaran, yakni mereka yang berumur dua bulan. ’’Masih pendataan untuk bayi yang lahir bulan Juli tahun ini. Sedang proses,’’ ujarnya.

Mantan Kepala Puskesmas Mentikan ini menyebutkan, vaksinasi PCV tak hanya diberikan dosis pertama saja. Namun, juga dilanjutkan dengan pemberian dosis kedua pada usia tiga bulan dan dosis ketiga lanjutan pada usia 12 bulan. ’’Insyaallah, kick off bisa dimulai akhir pekan ini. Karena memang pertama kali dilaksanakan tahun ini,’’ jelasnya.

Baca Juga :  Ratusan Bayi Mulai Divaksin PCV

Dikatakannya, pneumonia pada bayi tidak hanya menyebabkan gangguan pada pernafasan. Namun, juga mengganggu gizi penderitanya. Sehingga, menyebabkan banyak bayi terganggu kesehatan gizinya setelah menderita pneumonia. ’’Kita berharap pemberian vaksin ini tidak hanya menurunkan angka dan kematian akibat pneumonia. Tetapi juga dapat mencegah anak terkena stunting,’’ ucapnya.

Lebih lanjut, Lily menuturkan pihaknya sudah menerima alokasi vaksin untuk pelaksanaan imunisasi tersebut. Sehingga, usai pendataan, seluruh bayi usia dua bulan bisa menerima vaksin radang paru ini. ’’Sudah dapat dari minggu kemarin. Tinggal pelaksanaan saja nanti bisa di posyandu dan puskesmas,’’ pungkasnya. (oce/fen)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/