29.8 C
Mojokerto
Wednesday, November 30, 2022

Dinkes Data Sasaran Vaksinasi HPV di Kota Mojokerto

Seluruh Siswi Kelas V SD/MI

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Mulai pertengahan bulan ini, imunisasi human papiloma virus (HPV) bakal disuntikkan bagi pelajar. Sasarannya, yakni seluruh siswi kelas V SD/MI di kota.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes PPKB Kota Mojokerto dr Lily Nurlaily menjelaskan, jenis imunisasi ini merupakan perdana kali diberikan pada pelajar. Mengingat, vaksinasi ini masuk dalam program baru Kemenkes yang wajib diberikan pada anak sejak dini. Sehingga, pelaksanaannya harus didampingi sosialisasi kepada orang tua siswa tentang imunisasi HPV. ’’Pelaksanaan vaksin HPV dijadwalkan pertengahan bulan ini mulai diberikan bagi pelajar kelas V SD, hanya yang siswi saja,’’ ujarnya.

Lily menambahkan, imunisasi HPV bakal diberikan dua dosis. Dalam interval enam sampai 12 bulan, mereka wajib mendapatkan dosis kedua. ’’Jadi, nanti saat mereka naik kelas VI, wajib disuntuk lagi yang dosis kedua,” terang dia. Vaksinasi bertujuan mencegah penyakit kanker serviks dan diberikan secara gratis.

Baca Juga :  Peringati Hari Oeang RI ke-76, KPPN Mojokerto Gelar Donor Darah

Kendati demikian, mantan Kepala Puskesmas Mentikan ini belum bisa menyebutkan jumlah siswa yang bakal mendapatkan imunisasi tersebut. Sebab, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan sekaligus sosialisasi ke orang tua murid. ’’Petugas kami masih melakukan pendataan, yang khusus siswi saja. Kami juga sedang menginstruksikan ke Puskesmas untuk mulai mengatur jadwal imunisasi HPV ini dan sosialisasi ke orang tua,’’ imbuhnya.

Selain vaksin HPV, Lily menuturkan pihaknya juga tengah melakukan pendataan untuk program imunisasi pneumociccus virus (PCV). Pemberian vaksinasi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan anak terhadap penyakit pneumonia atau radang paru. Dengan sasaran usia 2-3 bulan dan 12 bulan. ’’Selain HPV, vaksin PCV juga masuk dalam program baru Kemenkes imunisasi rutin bagi anak. Ini kami juga sedang mendata sasarannya,” ulas dia.

Baca Juga :  Tujuh Puskesmas di Kabupaten Mojokerto Belum Kantongi Akreditasi

Sedang untuk alokasi vaksin kedua imunisasi tersebut, Lily menambahkan, usai pendataan rampung, vaksin bakal langsung di drop ke daerah masing-masing sesuai dengan jumlah sasaran. ’’Sasarannya masih dalam proses pendataan, nanti kalau sudah kita laporkan ke Provinsi. Karena jumlah stoknya disesuaikan dengan target sasaran,’’ pungkasnya. (oce/fen)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/