Rabu, 01 Dec 2021
Radar Mojokerto
Home / Journey
icon featured
Journey
JOURNEY, Wisata Sumber Ubalan

Mata Air Alami di Tengah Hutan Jati

26 November 2021, 05: 00: 59 WIB | editor : Fendy Hermansyah

Mata Air Alami di Tengah Hutan Jati

ASRI ALAMI: Kolam Sumber Ubalan berada di tengah hutan jati. (dok ari for jawaposradarmojokerto.id)

Share this      

KABUPATEN Mojokerto menyimpan sejuta potensi wisata. Salah satunya wisata berbasis sumber mata air yang muncul di kawasan pegunungan, hutan, hingga gua-gua.

Adalah Sumber Ubalan. Tempat wisata sumber mata air ini berada di Desa Pakis, Kecamatan Trowulan. Area tersebut berada dalam kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Jombang. Tempat wisata itu tergolong perawan karena jarang dijamah orang.

Para wisatawan yang datang pun terbatas. Maklum, area tersebut terbilang terpencil. Dari Kota Mojokerto, sekitar 22 kilometer. Dan akses jalan yang tergolong sulit. Mereka yang datang, kebanyakan berlatar belakang komunitas jelajah alam, pecinta alam, atau masyarakat sekitar.

Baca juga: Membawa Kembali Kejayaan Rempah Era Majapahit

Aris Setiawan, warga Mojokerto yang gemar ke Sumber Ubalan mengaku, dirinya sering ke sumber mata air tersebut lantaran mengikuti komunitas motor trail. Karena akses ke lokasi wisata tergolong jenis jalan offroad. Praktis hanya kendaraan jenis trail atau sepeda MTB yang bisa masuk ke lokasi. ’’Akses ya jalan setapak. Namun motor trail atau sepeda MTB yang bisa masuk,’’ rincinya.

Memasuki kawasan Pakis ke arah hutan jati, kata Aris, masih sekitar beberapa kilometer lagi. Lokasi Sumber Ubalan persis di dalam area hutan jati. Untuk menuju lokasi, harus melewati jalan desa, persawahan, kebun tebu, hingga hutan. ’’Ada jalan yang menyeberang sungai langsung. Jadi harus hati-hati. Selain itu, tidak ada penunjuk jalan pula. Kalau yang ingin ke sana bisa tanya penduduk sekitar,’’ beber Aris.

Akses ke tempat tersebut yang berat dan medan yang sulit, membuat pengunjung wajib ekstra waspada. Terlebih ketika musim penghujan, jalan setapak bisa sangat becek dan berlumpur. ’’Begitu ke lokasi sumbernya, bakal terbayarkan. Suasananya sangat asri dan alami,’’ tandas Aris.

Sumber Ubalan merupakan sumber mata air alami dari hutan. Mata air itu mengalir ke kolam persegi. Pengunjung bisa berenang dan menikmati segarnya air alami. ’’Ada ikan-ikan kecil yang nutul-nutul kaki kita. Sangat rileks,’’ tambah Dody Herdiansyah, kolega Aris.

Ditambahkannya, kolam sumber tersebut dikelola Mbah Man. Dia juru kunci kolam Sumber Ubalan. Yang menjaga lokasi tersebut. Wisatawan bisa singgah dan istirahat di warung yang berada di dekat kolam. Lokasi tersebut bebas dimasuki siapa saja asal menjaga kebersihan dan kesopanan. (fen/ron)

(mj/BAS/fen/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia