25.8 C
Mojokerto
Thursday, February 2, 2023

Belum Malam Pertama, Istri Pilih Minggat

MUKIYO, 33 (nama samaran) terpaksa menduda sejak dini. Pasalnya, istri yang baru ia nikahi kurang setengah hari, hilang entah ke mana. Kata orang pintar, Tulkiyem, 32 (nama samaran) kena guna-guna yang dilancarkan pacar lama.

Harapan Mukiyo untuk membina rumah tangga bertahun lamanya, terpaksa harus pupus. Belum genap sehari ia menikah, istrinya sudah kabur duluan dengan pria lain. Sudah tiga bulan lamanya, ia menanti dan menanti sang istri kembali. Namun, penantiannya sia-sia.

Tak sehelai rambut pun nampak di pelupuk mata Mukiyo. ’’Aku wes pasrah. Mungkin dekne memang duduk jodohku,’’ kata Mukiyo lirih saat berada di ruang tunggu Pengadilan Agama (PA) Kelas 1A Mojokerto.

Sembari menunggu antrean, Mukiyo menceritakan pertemuannya dengan Tulkiyem. Empat bulan lalu, Mukiyo dikenalkan dengan Tulkiyem, yang merupakan anak teman ayahnya. Karena merasa cocok, Mukiyo pun intens menghubungi Tulkiyem. Ia juga menyampaikan keinginannya untuk segera mempersunting Tulkiyem. Gayung bersambut, Tulkiyem pun menyetujuinya. ’’Nggak ada gelagat mencurigakan. Aku yo yakin dekne yo seneng aku. Wong kita ya mesra kalau ketemu,’’ imbuh warga Kecamatan Dawarblandong ini.

Baca Juga :  Usai Malam Pertama, Suami Gugat Cerai

Cerita berlanjut hingga akad dan resepsi di kediaman Tulkiyem. Sejak pagi, semua berjalan lancar-lancar saja. Namun lain masa lain cerita. Seusai acara pernikahan, suatu petaka terjadi. Ketika keduanya sedang asyik menerima tamu, Tulkiyem pamit ke kamar mandi. Namun setelah ditunggu lama, dia tak nampak batang hidungnya. Seluruh keluarga dan tamu yang hadir pun gempar.

Mengetahui istrinya hilang, praktis Mukiyo syok. Antara percaya atau tidak. Kepergian Tulkiyem bahkan tak meninggalkan jejak. Tak satu pun baju atau perhiasan yang ia bawa. Juga tak ada surat untuk Mukiyo. Hanya sebuah pesan singkat meminta maaf dan mengatakan ia harus pergi. Bahkan setelah pesan itu terkirim, nomor Tulkiyem tak bisa lagi dihubungi.

Baca Juga :  Siswa Belajar di Bawah Ancaman, Ruang Kelas Nyaris Ambruk

Karena kepergian mendadak ini, keluarga Mukiyo mengantarkannya menuju rumah orang pintar. Dari penerawangan orang pintar, rupanya Tulkiyem terkena guna-guna oleh pacar lamanya. Guna-guna ini jugalah yang membuatnya lupa akan suaminya dan balik kepada mantan.

Ngenesnya, Mukiyo tak bisa mendapatkan cintanya kembali. Katanya sulit, karena keberadaannya yang jauh dan guna-guna yang terlalu kuat. ’’Ya itu, katane gendakane pas dia masih ndek Kalimantan dulu,’’ imbuhnya.

Meski antara percaya dan tak percaya, Mukiyo harus percaya pada kenyataan kalau istrinya sudah hilang. Ia juga tak kurang-kurang pergi ke dukun dan kiai meminta bantuan agar istrinya kembali. Namun tidak ada yang berhasil. ’’Antara dia memang kena guna-guna atau sejak awal memang gak suka aku, ya wes nggak tahu lagi,’’ pungkas Mukiyo dengan aura kelabu di wajahnya. (oce/fen)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/