Kamis, 20 Jan 2022
Radar Mojokerto
Home / Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Edarkan Sabu 2,7 Ons, Pedagang Baju Dibekuk

30 November 2021, 11: 10: 59 WIB | editor : Fendy Hermansyah

Edarkan Sabu 2,7 Ons, Pedagang Baju Dibekuk

DIAMANKAN: Pelaku dan sejumlah barang bukti kini telah diamankan di Mapolsek Puri guna kepentingan penyelidikan lebih lanjut. (Martda Vadetya/jawaposradarmojokerto.id)

Share this      

PURI, Jawa Pos Radar Mojokerto – Kepolisian menggagalkan peredaran narkoba di Kabupaten Mojokerto. berlakangan, petugas berhasil mengamankan  273,44 gram sabu-sabu dari tangan pengedar. Kini, petugas tengah mendalami pemasok utama barang haram yang di edarkan di wilayah dengan 18 kecamatan tersebut.

Adalah Saur Panahatan Alias Ucok, 40. Warga jalan Empunala, Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, itu dicokok Unitreskrim Polsek Puri  di Jalan Dusun /Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, lantaran kedapatan memiliki sabu-sabu seberat 2,7 ons itu.

Kanit Reskrim Polsek Puri Ipda Suparno mengatakan, penangkapan dilakukan petugas sekitar sepekan lalu itu berawal dari laporan masyarakat yang resah akan maraknya dugaan transaksi narkotika di wilayah Puri. Saat melakukan patroli di sekitar lokasi, petugas mendapati hal yang tidak biasa saat melihat gerak-gerik pelaku yang mencurigakan. Benar saja, usai digeledah, petugas mendapati Ucok yang mengantongi satu paket sabu siap edar.

Baca juga: 121 Kasus Belum Terungkap

’’Pelaku kita amankan sekitar pukul 22.00, awalnya kita amankan barang bukti satu klip plastik berisi sabu-sabu dengan berat sekitar 0,5 gram. Dan itu ada di dalam tas slempang pelaku saat akan transaksi,’’ terangnya kemarin. Tak berhenti sampai di situ, petugas lantas mengembangkan temuan tersebut ke tempat tinggal Ucok di Dusun Jatisari, Desa Sumberjati Kecamatan Mojoanyar.

Dari situ, petugas mendapati Ucok yang ternyata bukan pengedar kelas teri. Sebab, petugas mendapati lima kantong klip sabu siap edar. Masing-masing kemasan berisi sabu-sabu dengan berat sekitar 88,44 gram, 84,97 gram, 87,82 gram, 8,74 gram dan 3,47 gram.  ’’Total sabu-sabu yang kami amankan kurang lebih seberat 272,46 gram. Kami juga amankan dua unit timbangan elektrik  yang diletakkan di laci rak TV rumah pelaku,’’ terangnya.

Di hadapan petugas, Ucok yang kesehariannya bekerja sebagai pedagang baju di Pasar Benteng Pancasila, Kota Mojokerto itu telah menjadi pengedar sabu-sabu sejak dua bulan terakhir. Dia mengaku mengantongi barang haram tersebut dari seorang warga Kecamatan Mojoanyar lainnya yang juga merupakan pengedar.

’’Waktu itu kita langsung cek di rumah yang di maksud oleh pelaku. Ternyata pelaku sudah kabur dan kini masih dalam tahap pengejaran. Kami sudah mengantongi nama yang bersangkutan,’’ terangnya. Tak hanya mengamankan sejumlah barang haram tersebut, petugas turut mengamankan satu unit motor Honda Vario bernopol S 2762 TE sebagai kendaraan operasional pelaku.

Kini, pelaku dan sejumlah barang bukti tersebut diamankan di Mapolsek Puri guna kepentingan pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut. Akibat aksinya, pelaku dijerat Pasal 114 juncto Pasal 112 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ucok terancam mendekam dibalik jeruji besi maksimal 20 tahun lamanya. ’’Pelaku dan barang bukti kita amankan di Mapolsek Puri untuk kepentingan pengembangan,’’ tandasnya. (vad/abi)

(mj/VAD/fen/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia