Rabu, 01 Dec 2021
Radar Mojokerto
Home / Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

ODGJ Dievakuasi ke RS Lawang

24 November 2021, 11: 30: 59 WIB | editor : Fendy Hermansyah

ODGJ Dievakuasi ke RS Lawang

KOLABORASI: Tim gabungan membersihkan badan ODGJ yang akan dievakuasi ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dr Radjiman Widyodiningrat Lawang, Malang. (Sofan Kurniawan/jawaposradarmojokerto.id)

Share this      

DAWARBLANDONG, Jawa Pos Radar Mojokerto - Tim gabungan mengevakuasi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di tepi Jalan Raya Desa Sidokerto, Desa Pulorejo, Kecamatan Dawarblandong, Selasa pagi (23/11). Petugas membersihkan pria dengan gangguan jiwa tersebut sebelum membawanya ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dr Radjiman Widyodiningrat Lawang, Malang.

Pemindahan ODGJ ini merupakan kegiatan relawan Humas Dawarblandong dengan melibatkan TNI/Polri dan Dinsos Kabupaten Mojokerto. Aksi ini dilakukan untuk menolong para penyandang gangguang gangguan jiwa yang berkeliaran. ’’Untuk membantu mereka supaya dapat perawatan,’’ ujar Mulyani, anggota relawan Humas Dawarblandong.

Menurut dia, ODGJ langsung dijemput dari tempatnya. Setelah itu, pria gangguan jiwa yang mengaku bernama Puguh Sugiarto asal Dusun Talun Sono, Desa Talun, Kecamatan Dawarblandong itu dibawa ke kantor Koramil Dawarblandong untuk diberi perawatan awal. Rambutnya dipangkas. Dia lalu dimandikan dan dipasangi pakaian layak. Setelah dibersihkan, pria paruh baya itu diantar menuju tempat tujuan.

Baca juga: Massa Tagih Penanganan Kasus

’’Kegiatan ini untuk menangani ODGJ di Dawarblandong. Nantinya ODGJ saudara Puguh ini akan dievakuasi ke rumah sakit di Lawang. Dengan harapan, dia semoga cepat sembuh dan kembali sempurna seperti kita,’’ ujar anggota Koramil Dawarblandong Peltu Bambang Adiyatmoko yang turut mengevakuasi ODGJ.

Dengan evakuasi ini, pihaknya berharap ODGJ yang berkeliaran bisa tinggal di tempat baru yang lebih layak sekaligus mendapat pengobatan. Bambang menyebut, kegiatan evakuasi ODGJ dilakukan secara rutin. ’’Nanti kita cari juga ODGJ-ODGJ lain sehingga Dawarblandong bersih dan mereka bisa disembuhkan,’’ pungkasnya. (adi/fen)

(mj/ADI/fen/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia