alexametrics
32.8 C
Mojokerto
Friday, October 7, 2022

Ratusan Polisi Jalani Tes Kejiwaan

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Sebanyak 104 personel Polres Mojokerto Kota menjalani tes kejiwaan, kemarin (21/9). Ujian mengenai kondisi psikologis itu merupakan syarat sebelum memegang senjata api (senpi) sekaligus antisipasi penyalahgunaan senjata.

Kegiatan itu dilaksanakan Bagpri Biro SDM Polda Jatim di Gedung MPP Gajah Mada, Kota Mojokerto. Peserta tes diminta menjawab sejumlah persoalan yang nantinya menjadi bahan penilaian emosi, kecerdasan, dan perilaku anggota.

’’Ada 104 anggota yang ikut tes psikologi. Mereka adalah calon pemegang senpi dan pemegang yang akan memperpanjang izin penggunaan senpi,’’ tutur Kasi Humas Polres Mojokerto Kota Iptu MK Umam. Disebutnya, ujian kejiwaan ini merupakan syarat baru penggunaan senpi bagi anggota Polri.

Baca Juga :  Kijang Terguling di Tol Sumo, Satu Tewas

Melalui tes tersebut, anggota yang dinilai memiliki permasalahan mental tidak akan diizinkan menggunakan senpi. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian penyalagunaan senjata oleh anggota. ’’Hasilnya belum diketahui. Yang jelas ini menjadi salah satu syarat penggunaan senpi dinas,’’ terangnya.

Menurut Umam, kondisi kejiwaan berpengaruh besar terhadap kewenangan penggunaan senpi. Sehingga anggota harus dipastikan memiliki kondisi mental yang benar-benar baik. ’’Tentunya kejadian-kejadian penggunaan senpi di luar kewenangan menjadi bahan evaluasi dan harus dihindari,’’ tandasnya. Dalam kegiatan ini, para personel juga diberi pembekalan kesehatan mental dan psikologi. (adi/fen)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/