Kamis, 20 Jan 2022
Radar Mojokerto
Home / Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Pagi Kos, Malam Warkop

Tes Swab Acak di Kecamatan Magersari

15 Januari 2022, 11: 05: 59 WIB | editor : Fendy Hermansyah

Pagi Kos, Malam Warkop

ANTISIPASI: Satgas Covid-19 Kecamatan Magersari melakukan swab acak kepada penghuni rumah kos di Lingkungan Kuwung, Kelurahan Meri, kemarin. (Yulianto Adi Nugroho/jawaposradarmojokerto.id)

Share this      

MAGERSARI, Jawa Pos Radar Mojokerto – Antisipasi persebaran virus korona melalui tes swab secara acak di Kecamatan Magersari dilakukan dengan blusukan ke warung kopi (warkop) hingga rumah kos. Dalam sehari, Satgas Covid-19 Kecamatan Magersari bisa mengambil sedikitnya 50 sampel dari 10 tempat yang disasar.

Seperti kemarin (14/1), mulai pukul 09.00 sampai 11.00, tes acak berlangsung di dua kos di Jalan Empunala dan satu kos di Lingkungan Kuwung, Kelurahan Meri. Dari setiap tempat, terdapat enam penghuni yang menjalani tes swab antigen. ’’Hasilnya negatif semua,’’ ujar Kapolsek Magersari Kompol Bambang Soegiharto.

Menurutnya, kegiatan skrining ini biasanya dilakukan dua kali sehari. Selain menyasar tempat kos, tes swab acak juga dilakukan di kafe dan warkop. Di tempat ini, satgas turun pada malam hari. ’’Biasanya kita ambil kasir kemudian pengunjung, habis itu yang sering berinteraksi dengan orang luar,’’ terangnya.

Baca juga: Pencurian Tabung Gas Marak

Bambang menyebut, terdapat lima sampai delapan tempat yang menjadi sasaran tes swab acak. Dari setiap tempat, minimal lima orang dites swab. Dengan asumsi ini, satgas mendapat sebanyak 40 sampel swab acak setiap harinya. Selama ini, sebagian besar tes hasilnya negatif. Prosedur karantina di puskesmas juga telah disiapkan jika terdapat warga yang terdeteksi menunjukkan hasil reaktif.

Kegiatan swab acak ini dilakukan secara rutin sebagai upaya deteksi dini persebaran Covid-19. Terlebih untuk mengantisipasi terjadinya penularan varian baru omicron. ’’Kita laksanakan terus, apalagi sekarang mulai merebak varian baru,’’ jelasnya. (adi/abi)

(mj/ADI/fen/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia