alexametrics
32.8 C
Mojokerto
Friday, October 7, 2022

Polisi Segera Periksa Terlapor Oknum ASN yang Diduga Tarik Pungli

SEMENTARA ITU, penyidik Satreskrim Polres Mojokerto Kota bakal memeriksa pejabat pemkot yang dilaporkan melakukan penipuan bermodus rekrutmen tenaga honorer. Polisi berkomitmen mengusur kasus ini hingga tuntas.

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Wiwit Adisatria menyampaikan, pihaknya masih mendalami kasus yang menyeret nama PNS pemkot tersebut. Rangkaian penyelidikan dilakukan dengan mengumpulkan bukti-bukti penipuan hingga pemeriksaan saksi. ”Masih lidik, masih mengumpulkan keterangan dan nanti digelarkan,” ujarnya ditemui kemarin.

Wiwit berkomitmen menuntaskan kasus yang terjadi di Bagian Organisasi Setda Kota Mojokerto tersebut. Menurut dia, langkah pulbaket yang dilakukan penyidik saat ini untuk menyakinkan unsur pidana. Pihaknya tak segan memproses hukum siapapun yang terbukti melakukan penipuan. Meski itu pejabat aktif pemkot. ”Kalau ada unsur pidananya, ya kita proses,” tegasnya.

Baca Juga :  Kasir PNPM Jatirejo Segera Disidangkan

Terpisah, Kasatreskrim Polres Mojokerto Kota AKP Rizki Santoso melalui Kanittipikor Satreskrim Polres Mojokerto Kota Ipda Muklisin menyatakan, pemeriksaan saksi-saksi terus berlangsung. Dalam waktu dekat, penyidik segera memanggil terlapor. Dalam hal ini yakni kepala bagian organisasi setda tahun 2021. ”Masih pemeriksaan saksi pelapor, selanjutnya pemanggilan terlapor,” jelasnya.

Disebutkannya, terdapat 14 orang yang mengaku menjadi korban penipuan rektutmen tenaga honorer tersebut. Masing-masing dari mereka diperas hingga Rp 30 juta sebagai syarat penerimaan. Namun, setelah berbulan-bulan bekerja, korban justru hanya luntang-lantung tanpa pekerjaan. ”Sudah kita kroscek dan memang tidak ada rekrutmen itu. Jadi dibuat-buat,” tandasnya.

Sebagian besar dari korban juga tak mendapat bayaran. Hanya segelintir dari mereka yang diberi upah Rp 2 juta. Kasus ini juga telah dikoordinasikan dengan pihak pemkot dan inspektorat sebelum perwakilan korban akhirnya secara resmi melapor ke polisi. (adi/ron)

Baca Juga :  Polisi Dalami Tambang Lebakjabung

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/