30.8 C
Mojokerto
Thursday, February 9, 2023

Kelurahan Mentikan Kota Mojokerto Usung Skoper, Wadah Pemberdayaan Perempuan

Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto memberikan ruang bagi kaum hawa untuk lebih berdaya dan berkarya. Melalui Sekolah Perempuan (Skoper), wanita tak hanya berkutat mengurus rumah tangga, tetapi ibu-ibu bisa mendapatkan bekal ilmu dan keterampilan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan dan kesetaraan gender.

LURAH Mentikan M. Hery Kurniawan mengungkapkan, Skoper digagas oleh warga Kelurahan Mentikan berfokus untuk memberi pendidikan dan pemberdayaan terhadap perempuan pekerja rumahan (PPR). Sekolah unik yang didirikan Pitra Candra Kartika yang juga Ketua RW 02 Lingkungan Mentikan itu menjadi wadah bagi ibu-ibu untuk saling memberi dan menerima manfaat berupa ilmu dan keterampilan. ’’Skoper ini tidak ada guru dan tidak ada murid. Karena semua saling berbagi ilmu dan keterampilan,’’ terangnya.

Dengan sekolah unik di Kelurahan Mentikan itu, beragam kemampuan tentang kewirausahaan diberikan secara gratis. Karena itu, tutur Hery, Skoper juga memfasilitasi pelatihan keterampilan. Mulai dari membatik, menjahit, memasak, hingga pembekalan membuat kerajinan tangan lainnya. ’’Pada ujungnya untuk pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Sekaligus untuk peningkatan kesejahteraan secara ekonomi,’’ paparnya.

Baca Juga :  Mohammad Anam, 47, Penyelamat Tabrakan KA Sancaka Lawan Truk Pengangkut Mobil
NASIONALISME: Kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dimeriahkan warga Lingkungan Cakarayam, Kelurahan Mentikan.

Sejauh ini, tak kurang dari 200 wanita yang mayoritas ibu rumah tangga tergabung dalam anggota sekolah unik. Bahkan, beber Hery, anggota tak hanya berasal dari Kelurahan Mentikan, tetapi juga mencakup warga di wilayah Kecamatan Prajurit Kulon. ’’Kalau ada yang berhasil mandiri, maka anggota akan saling berbagi dengan menularkan ilmu dan pengalamannya ke yang lainnya,’’ imbuh dia.

Dengan begitu, harap Hery, inovasi besutan warga Kelurahan Mentikan ini bisa berkembang di kelurahan lainnya di Kota Mojokerto. Karena Skoper mampu mengangat harkat dan martabat kaum perempuan serta membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar.

NASIONALISME: Kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dimeriahkan warga Lingkungan Cakarayam, Kelurahan Mentikan.

Terlebih, di sekolah unik Kelurahan Mentikan tak hanya berorientasi untuk mengasah keterampilan. Melainkan juga berkontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan mengaji dan konseling pembinaan keluarga. ’’Ibu-ibu yang belum lancar mengaji atau bahkan buta huruf hijaiyah juga ada kelas tersendiri untuk belajar bersama,’’ tambahnya.

Baca Juga :  Tersambar Petir, Petani di Jetis Mojokerto Tewas Terpental

Berkat gagasan di bidang pendidikan dan pemberdayaan perempuan itu, Kelurahan Mentikan turut mengharumkan nama Kota Mojokerto di kancah nasional. Pada Peringatan Hari Kartini 2022, Pitra Candra Kartika mendapat penghargaan dari Iriana Joko Widodo dan Wury Ma’ruf Amin istri Presiden dan Wakil Presiden RI. ’’Pitra dan inovasinya telah menjadi mutiara bagi Kelurahan Mentikan. Semoga ke depan, muncul terobosan dan gagasan dari masyarakat Mentikan lainnya untuk kemajuan Kota Mojokerto,’’ tegas Hery. (ram/fen)

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/