29.8 C
Mojokerto
Thursday, February 9, 2023

Rangkaian Acara Lomba Guru Favorit JPRM Segera Digulirkan

USAI penampilan profil guru favorit pada koran Jawa Pos Radar Mojokerto (JPRM), sejumlah rangkaian acara lain dalam rangka Hari Guru Nasional pun mulai digulirkan. Dalam rangkaian tersebut, pengumuman pemenang guru favorit juga bakal ditentukan saat puncak peringatan Hari Guru Nasional yang diperingati 25 November mendatang.

Ketua PGRI Kota Mojokerto Mulib mengatakan, profil singkat guru favorit seluruh lembaga pendidikan di Kota tuntas ditayangkan. Kini, panitia masih menanti perolehan polling balot untuk menentukan pemenang lomba guru favorit besutan JPRM dan PGRI Kota Mojokerto itu.

Selama pengumpulan polling, ada sejumlah rangkaian acara lainnya yang disuguhkan bagi siswa dan guru untuk memeriahkan Hari Guru Nasional tersebut. ’’Jelang penutupan polling guru favorit sebelum tanggal 23 November, rangkaian acara Hari Guru akan kita mulai pada pertengahan bulan ini,’’ ujarnya.

Mulib menjelaskan, rangkaian acara tersebut dimulai dari lomba kreativitas siswa pada 22 November nanti. Lomba ini, sedianya bakal diikuit semua siswa dari jenjang TK-SMA sederajat di kota. Adapun, masing-masing jenjang memiliki jenis lomba yang berbeda. ’’Untuk TK, lombanya mewarnai. Yang SD, lombanya menulis puisi, sedangkan SMP nanti lombanya menulis cerita fiksi. Kemudian, untuk jenjang SMA sederajat lombanya menulis artikel ilmiah,’’ jelasnya.

Baca Juga :  Tuai Apresiasi Dua Kepala Daerah

Lalu, pada 23 November, kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba guru favorit. Pemenang ditentukan dari hasil perolehan balot yang terkumpul di kantor JPRM dan SMPN 2 Kota Mojokerto. Selain itu, juga bakal ada kegiatan donor darah yang diselenggarakan bersamaan dengan pengumuman lomba guru favorit. ’’Untuk tanggal 23 November itu nanti hanya pengumuman saja sekaligus kegiatan donor darah bagi umum. Untuk penyerahan hadiahnya akan dibagikan saat 25 November oleh ibu wali kota langsung saat upacara,’’ terangnya.

Pada 24 November juga akan diisi kegiatan seminar pendidikan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada. Sedianya, seminar ini akan diikuti sebayak 600 guru dari semua jenjang. Pengisi seminar ini, nantinya akan langsung dipandu oleh Wali Kota Mojokerto, Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto, segenap unsur hukum, serta narasumber praktisi. ’’Tak hanya untuk mengapresiasi jasa para guru, tapi seminar ini juga diharapkan untuk meningkatkan kualitas mereka,’’ imbuh dia. Selain itu, kegiatan juga akan dilanjutkan dengan malam penganugerahan lomba kreativitas, Kamis malam (24/11).

Baca Juga :  Tarian Dolanan Anak Meriahkan Upacara Penutupan ASEAN Paragames 2022

Manajer Event JPRM Arief Hikmawan menambahkan, persaingan antarguru dalam lomba guru favorit masih terus berlanjut hingga 22 November nanti. Adapun, gelar guru favorit bakal diraih melalui jumlah polling yang terkumpul dari dukungan balot pembaca. Sedianya, mereka yang mendapat gelar guru favorit juga bakal mendapatkan hadiah. ’’Ada hadiah yang sudah disiapkan oleh para kandidat guru favorit. Mereka akan mendapat hadiah berupa tabungan uang tunai dan sertifikat,’’ ucapnya.

Selain memperingati HUT PGRI yang jatuh pada 25 November nanti, event besutan JPRM ini juga menjadi bentuk apresiasi bagi seluruh tenaga pendidik. Sekaligus dalam upaya menghidupkan kesadaran literasi dalam dunia pendidikan. JPRM bekerja sama dengan PGRI Kota Mojokerto untuk menyemarakkan lomba ini. ’’Kita sangat antusias berkolaborasi dengan PGRI Kota untuk menyemarakkan Hari Guru Nasional 2022. Ini juga salah satu upaya menumbuhkan kesadaran literasi dalam dunia pendidikan,’’ tukasnya. (oce/fen)

Artikel Terkait

Most Read

Mojosari Borong Juara

Sekolah Swasta Terancam Minim Guru

Artikel Terbaru

/