27.8 C
Mojokerto
Saturday, December 3, 2022

Manfaat Menggunakan Aplikasi Gajian serta Tips Memilihnya

SEBERAPA pentingkah kelancaran payroll perusahaan? Dalam dunia HR tentu hal tersebut sangat penting untuk dapat mengimplementasikan payroll dengan cepat karena ini terkait penggajian karyawan. Bayangkan jika Anda masih menggunakan cara manual tanpa payroll system. Menurut laman Wikipedia pengertian payroll adalah proses penghitungan penggajian karyawan, bonus, dan pajak yang dipotong atau pajak perusahaan yang ditangani oleh departemen HR.

Apa Itu Aplikasi Gajian?

Aplikasi gajian merupakan salah satu bentuk software yang memang khusus digunakan untuk segala hal yang berkaitan dengan penggajian maupun penghitungan gaji karyawan setiap bulannya. Jika sebelumnya, anda menggunakan penghitungan secara manual, maka di jaman modern ini anda juga bisa melakukan penghitungan yang lebih cepat.

Payrol memang terlihat sangat efisien di dalam menangani permasalahan dalam perusahaan terkait sistem penghitungan gaji. Dapat dikatakan jika adanya payroll memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kelancaran sistem operasi sebuah perusahaan. Sehingga, dengan adanya aplikasi ini, pihak atau karyawan pada divisi HRD akan diberikan kemudahan dalam melakukan penggajian.

Sebab, melalui aplikasi gajian Indonesia, perusahaan bisa menghitung gaji karyawan secara otomatis. Baik itu menggunakan penghitungan berdasarkan jam kerja atau waktu kehadiran. Dimana hal hal tersebut memang sebelumnya telah terintegrasi dengan sistem sehingga akan jauh lebih memudahkan.

Cara Kerja Aplikasi Gajian

Setelah anda mengetahui pentingnya aplikasi satu ini pada perusahaan, maka anda pun juga perlu tahu bagaimana cara kerjanya. Pada umumnya, aplikasi ini akan memudahkan dalam melakukan penghitungan gaji karyawan. Biasanya hal yang perlu dilakukan adalah melakukan input data terlebih dahulu atas jam kerja maupun waktu kehadiran.

Setelah itu, sistem nantinya akan secara otomatis melakukan penarikan dana ataupun dana deposito milik perusahaan dan dikirimkan menuju ke rekening karyawan setiap bulannya. Rekening karyawan tersebut pastinya sudah didaftarkan terlebih dahulu untuk memudahkan proses transaksi.

Sebelumnya, aplikasi gajian seperti Talenta ini juga akan menghitung jumlah potongan potongan maupun tunjangan yang dimiliki oleh karyawan. Sehingga, cara kerjanya adalah karyawan akan mendapatkan gaji kotor terlebih dahulu berdasarkan jam kerja ataupun sistem kehadiran yang telah dijalankan.

Kemudian, gaji kotor tersebut akan secara otomatis melakukan pemotongan pemotongan terhadap biaya yang memang harus dibayarkan oleh karyawan. Sebut saja seperti biaya pajak, pemotongan untuk asuransi maupun pemotongan untuk BPJS ketenagakerjaan. Sehingga nantinya karyawan menerima gaji bersih, tanpa perlu repot repot membayar tagihan atau potongan yang lain sebab aplikasi ini akan bekerja secara otomatis.

Tips Memilih Aplikasi Gajian Terbaik

Berikut tips memilih aplikasi gajian terbaik dan fitur penunjang lainnya untuk perusahaan Anda :

1. Memiliki Fitur yang Lengkap

Payroll terbaik adalah yang memiliki fitur yang lengkap sebagai penunjang proses perhitungan agar lebih baik, umumnya pilihlah yang memiliki fitur sebagai berikut :
● Tax Calculation
● BPJS Calculation
● Mobile Payslip
● Flexible Payroll Component
● Flexible Payroll Period

Selain hal diatas, kecepatan tanggapan sistem customer service yang cepat akan sangat membantu Anda jika dalam pengoperasian fitur payroll terdapat kendala.

2. Data yang Akurat

Keakuratan data adalah hal penting dalam memilih aplikasi gajian terbaik, para karyawan yang bekerja pada perusahaan Anda tentu menginginkan pembayaran gaji yang sesuai dengan tingkat jumlah kehadiran mereka saat bekerja.
Anda sebagai HR harus memprioritaskan hal ini karena ketepatan dan kesejahteraan karyawan merupakan tanggung jawab perusahaan sepenuhnya.

Dengan fitur otomatisasi data maka segala sesuatu tentang kesalahan seperti penginputan data akan dapat diminimalisir, karena data yang ada akan tersimpan secara otomatis pada sistem online.

Baca Juga :  Menko Airlangga : Butuh Generasi Muda Kreatif, Adaptif, dan Inovatif

3. Dapat Diakses Kapan Saja

Ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda saat ini kemudahan mengakses pekerjaan sangat membantu apalagi pemerintah sedang gencar menerapkan work from home (WFH). Aplikasi hr terbaik adalah aplikasi yang memiliki sistem yang terintegrasi secara online.

Sehingga mudah untuk Anda dan manajemen perusahaan untuk monitor segala kebutuhan terkait payroll karyawan, hanya perlu sebuah akses internet dari gadget Anda.

4. Keamanan yang Terjaga

Satu hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih software payroll Indonesia adalah masalah keamanan data, perusahaan membutuhkan aplikasi yang dapat menjaga data kerahasiaan karyawannya, salah satu platform aplikasi yang dapat menjaga keamanan data karyawan Anda adalah Mekari Talenta, salah satu dari sederet aplikasi HR yang ada saat ini yang dapat menjaga data perusahaan dari mulai gaji karyawan sampai data pribadi karyawan dengan baik karena sudah didukung oleh cloud dari google.

5. Tampilan Aplikasi yang Mudah digunakan

Tips memilih aplikasi gajian terbaik lainnya adalah tampilan aplikasi yang user friendly, Anda dan tim tidak perlu dipusingkan lagi dengan tampilan laporan format excel maupun kertas yang membingungkan dan menyita banyak waktu.

6. Miliki kehadiran online

Pilih aplikasi yang dapat mengaitkan gaji dengan kehadiran karyawan, yang dapat mencatat kehadiran atau jam kerja karyawan. Ini memungkinkan Anda untuk secara otomatis memasukkan informasi tentang jam kerja ke dalam sistem penggajian dan membuat penghitungan gaji lebih mudah.

7. Memiliki pencatatan data pegawai

Sebagian besar perusahaan juga akan menyimpan data lain tentang karyawan, seperti catatan cuti tahunan, profil karyawan, dan kinerja karyawan. Dengan memiliki sistem penggajian yang mencatat informasi tambahan tersebut, Anda sebenarnya dapat menghemat waktu dan fokus pada satu aplikasi.

8. Menyediakan layanan mandiri karyawan (ESS)

Menurut studi yang dilakukan oleh Deloitte, banyak perusahaan di seluruh dunia mulai menggunakan aplikasi penggajian karyawan yang menyediakan kemampuan swalayan karyawan. Mengapa harus ESS? Karena 83% karyawan ingin melihat data gaji dan melihat dokumen pajak mereka.

Hal ini tentunya sangat menghemat waktu, sehingga tidak perlu mengirimkan laporan kepada setiap karyawan satu per satu. Dengan cara ini, perusahaan juga dapat menjadi lebih transparan dan memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada karyawan.

9. Sediakan kalender

Aplikasi harus memberikan solusi lain untuk perusahaan, dan kalender karyawan dapat memberi Anda cara mudah untuk mengelola cuti sakit, absensi, dan lembur. Sekilas, Anda dapat melihat berapa lama karyawan tersebut pergi, apakah dia harus bekerja, dan jenis cuti apa yang tersedia saat ini. Kemudian Anda juga bisa mengetahui informasi seperti berapa banyak liburan yang berhak mereka dapatkan. Ini membuat perencanaan pengembangan sumber daya manusia lebih mudah.

Manfaat Aplikasi gajian Untuk Perkembangan Perusahaan

Saat ini semua lini berlomba untuk terus berkembang, baik itu pemerintah, sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit, atau perusahaan. Sebuah perusahaan harus selalu siap untuk meningkatkan perusahaannya secara keseluruhan baik itu kinerja, manajemen atau struktur. Ini akan membantu mereka untuk tumbuh di pasar, yang merupakan satu-satunya tujuan setiap perusahaan. Oleh karena itu penting untuk perusahaan mengetahui manfaat aplikasi gajian.

Seberapa sering sebuah perusahaan mencoba untuk menjaga sistem mereka tetap pada sasaran tetapi masih ada yang tidak beres. Jadi untuk menjaga semuanya tetap terkelola, perusahaan harus menggunakan aplikasi gajian agar dapat melihat keberhasilan dan pertumbuhan.

Baca Juga :  Harga Telur Meroket

Aplikasi gajian HR yang baik tidak hanya akan membuat tugas HR dan manajemen Anda menjadi mudah, tetapi juga akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi karyawan perusahaan Anda. Aplikasi tersebut juga dapat mengurangi beban kerja perusahaan Anda karena dapat melakukan tugas manajemen dengan lebih efisien dan dalam waktu yang lebih singkat sambil memberi Anda waktu yang cukup untuk fokus pada yang lain untuk mengembangkan perusahaan.

Mekari Talenta adalah Platform manajemen payroll di mana HR dapat mengelola payroll dalam satu aplikasi dengan mudah dan aman.

Dirangkum dari mekari.com, berikut di bawah ini adalah 9 manfaat aplikasi gajian Talenta dapat membantu perusahaan Anda untuk tetap fokus berkembang :

1. Sangat Efisien

Jika sebelumnya perhitungan gaji dilakukan secara manual atau dengan tangan dan kertas, maka dibutuhkan banyak waktu dan ada kemungkinan besar untuk membuat kesalahan. Jadi, untuk menghemat waktu dan akurasi, aplikasi gajian hadir sebagai solusi bagi perusahaan. Akan mudah bagi HR untuk melakukan tugasnya dengan mudah dan tepat waktu tanpa kesalahan. aplikasi gajian juga meningkatkan efisiensi perusahaan yang menghasilkan pertumbuhan perusahaan.

2. Mengamankan Data

Dengan bantuan aplikasi gajian, baik karyawan maupun HR dapat mengakses database perusahaan untuk melihat informasi. Karyawan dapat memperoleh informasi tentang data pribadi mereka seperti gaji, kehadiran, dan lainnya.

3. Bermanfaat Untuk Karyawan

Dengan sistem yang terkelola dengan baik akan mendorong rasa percaya diri karyawan dan juga minimnya tingkat absensi. Aplikasi gajian memberikan platform yang sempurna untuk rencana yang akan menguntungkan karyawan serta perusahan.

4. Data real-time

Sistem payroll menyediakan waktu check-in dan checkout yang tepat bagi karyawan. Dengan demikian karyawan dapat memeriksa waktu mereka secara detail setiap bulan atau sesuai kebutuhan. Ini membantu karyawan untuk tepat waktu terhadap pekerjaan dan waktu mereka.

5. Dalam Satu Aplikasi

Aplikasi gajian memudahkan beban perusahaan dengan menyediakan satu platform, bukan beberapa platform yang membantu dalam melacak pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

6. Membantu dalam pengambilan keputusan

Aplikasi gajian adalah prioritas utama bagi sebuah perusahaan dalam hal perencanaan strategis dan pengambilan keputusan. Ini memberikan bantuan untuk masukan dan manajemen yang tepat untuk membuat keputusan penting perusahaan dan menyelesaikan kasus. Hal ini menunjukkan cara yang benar dan membantu perusahaan dalam menentukan pertumbuhan mereka.

7. Transparansi

Data dan informasi dapat menjadi positif maupun negatif bagi perusahaan tergantung pada orang yang memiliki semua detail ini. Aplikasi gajian memberikan keamanan dimana hanya orang yang berwenang yang dapat mengakses data dan informasi perusahaan. Data akan transparan bagi orang-orang yang berwenang.

8. Satu aplikasi dengan banyak fungsi

Aplikasi gajian memiliki kemampuan untuk memfungsikan banyak tugas pada satu platform perusahaan. Fungsinya meliputi HR, akuntansi, penggajian dan hitung pajak. Semua fungsi ini dijalankan pada satu platform, yaitu aplikasi gajian yang menyediakan informasi dengan bantuan database otomatis.

9. Tidak Ada Kesalahan

Kesalahan bisa berbahaya karena dapat menyebabkan banyak masalah. Terutama kesalahan dalam suatu perusahaan tidak dapat diterima. Jadi untuk menghindari kesalahan, perusahaan menggunakan aplikasi gajian yang memberi mereka data yang akurat. Data yang tidak akurat dapat menyesatkan karyawan yang akan mempengaruhi perusahaan. (*)

Artikel Terkait

Most Read

Tumbangkan Skuad Surabaya

Tujuh Plengsengan Ambrol

Artikel Terbaru

/