29.8 C
Mojokerto
Wednesday, November 30, 2022

Realisasi Panen Padi di Kabupaten Mojokerto Rendah

KABUPATEN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Realisasi panen tanaman padi pada masa tanam kedua tahun ini masih di bawah target. Baru 24.252 hektare lahan produktif di Kabupaten Mojokerto yang mampu menghasilkan padi. Angka tersebut selisih 1945,79 hektare dari target sasaran tanam periode April–Juli yang diproyeksikan mencapai 26.197,79 hektare.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Ahmad Faisol mengatakan, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi belum tercapainya realisasi luasan lahan panen padi tersebut. Menurutnya, faktor utama terletak pada kondisi iklim dan cuaca yang tak menentu belakangan ini.

”Kendala utamanya karena cuaca yang tidak menentu. Apalagi saat ini sedang kemarau basah dan sedang terjadi anomali iklim. Kalau hama, terutama wereng ya, tahun ini sudah tidak seberapa. Kami juga sudah distribusikan obatnya ke petani,” ungkapnya.

Baca Juga :  Megengan Jelang Ramadan, Harga Ayam di Pasaran Melonjak Drastis

Dijelaskannya, sasaran tanam padi setiap musim tanam memiliki luasan yang berbeda-beda. Itu karena pihaknya menyesuaikan kondisi pertanian di lapangan. ”Bisa karena pola tanam petani yang berubah-ubah. Dan, itu juga tergantung dari hasil kerja sama kami dengan kelompok tani di lapangan,” sebutnya.

Namun diakuinya, Disperta tidak bisa memproyeksikan target sekaligus jumlah panen padi dalam tonase disetiap periodenya. Sebab, untuk menakar produktivitas tanaman padi, Disperta menunggu hasil kajian Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mojokerto.

”Untuk provitas atau ubinan padi ini diberlakukan satu data, kami menyesuaikan dengan hasil BPS. Untuk periode April-Juli, hasilnya masih belum keluar,” urai Faisol. Dia menambahkan, hal tersebut karena menyesuaikan jenis varietas padi di setiap lokasi yang berbeda-beda. Dimana masing-masing verietas padi memiliki produktivitas yang berbeda pula. (vad/ron)

Baca Juga :  Kemendag: Bukti Nyata Pemerintah Dukung UMKM Go Global

Artikel Terkait

Most Read

Artikel Terbaru

/