Rabu, 01 Dec 2021
Radar Mojokerto
Home / Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Siswa SMAN Libur Sabtu-Minggu

25 Juli 2017, 20: 00: 03 WIB | editor : Mochamad Chariris

Siswa SMAN Libur Sabtu-Minggu

Siswa kelas X SMAN 1 Puri harus mengikuti jam pelajaran lebih lama setelah diterapkan lima hari sekolah. (Sofan Kurniawan/Radar Mojokerto)

Share this      

MOJOKERTO – Serangkaian kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) rampung. Kegiatan belajar mengajar mulai efektif kemarin. Dan, mulai tahun ini, SMAN di Kabupaten dan Kota Mojokerto menerapkan lima hari sekolah. Sehingga, liburnya menjadi Sabtu dan Minggu.

Kepala SMAN 1 Kutorejo, Samsul Muarifin, mengatakan, pihaknya sudah memulai untuk menerapkan lima hari sekolah per Senin (24/7). Menurutnya, saat ini siswa dipulangkan lebih sore dari hari bisasnya. ’’Masuk mulai pukul 07.00 dan pulangnya 16.00,’’ terangnya.

Menurutnya, perpanjangan waktu tersebut untuk menggantikan jadwal hari Sabtu yang mulai diliburkan. Menurutnya, hal itu tidak sampai mengubah jadwal yang signifikan. Pasalnya, selama Senin-Jumat durasi sekolah hanya bertambah 45 menit. ’’Sebelumnya siswa pulang pukul 14.30, kemudian ditambah 45 menit dan jam istirahat. Sehingga pulangnya jadi pukul 16.00,’’ ulasnya.

Baca juga: Oplos Beras Tak Laik Konsumsi, lalu Dijual Bebas

Sebagaimana diketahui, sejak diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Jam Sekolah masih menuai pro dan kontra. Salah satu yang paling menonjol adalah keresahan orang tua tentang pendidikan madrasah diniyah (madin) atau taman pendidikan Alquran (TPQ).

Samsul menyatakan, selama 8 jam di sekolah, siswa tidak hanya dihadapkan dengan mata pelajaran biasa, tapi juga harus menerapkan nilai-nilai agama dan juga pendidikan karakter. ’’Kita juga merekrut guru mengaji Alquran dimasukkan dalam 1 jam pelajaran. Dan itu di luar pelajaran agama,’’ ujarnya.

Diakuinya, penerapan tersebut masih akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Khususnya pada guru-guru yang kini harus berada di sekolah selama 8 jam sehari. ’’Mungkin biasanya setelah ngajar bisa pulang, sekarang mau tidak mau guru harus komitmen 8 jam di sekolah,’’ ujarnya.

Sebagai gantinya Sabtu akan diliburkan seperti PNS lainnya. ’’Jadi mulai Sabtu-Minggu anak-anak tanggung jawab penuh orang tua,’’ paparnya.

Pria yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri Kabupaten/Kota Mojokerto ini, menyatakan, semua SMAN Kabupaten dan Kota Mojokerto telah sepakat untuk menjalankan Permendikbud 23/2017 itu. ’’Sesuai dengan petunjuk dari Dinas Pendidikan Jatim, sekolah yang sudah siap sarana dan berbagai hal dipersilahkan menerapkan 5 hari sekolah,’’ terangnya.  Dan semua SMAN Kabupaten dan Kota menyatakan kesiapannya. ’’Yang jelas SMA Negeri kabupaten/kota sudah menerapkan semua tahun ini,’’ tandasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Puri, Imam Wahjudi, menyatakan, mengaku tidak banyak perubahan tentang pelaksanaan lima hari sekolah. Hanya saja, dia mengatur jadwal yang semula masuk masuk sekolah pukul 07.30 dimajukan menjadi 6.45. Sedangkan siswa dipulangkan pada pukul 15.15. ’’Jadi pulangnya hampir sama seperti yang pelaksanaan 6 hari sekolah. Selisihnya hanya 30 menit,’’ terangnya.

Dia menyatakan, mulai tahun ajaran ini, hari Sabtu tidak ada lagi proses pembelajaran di kelas. Hanya saja, pada hari Sabtu akan dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler (ekskul). ’’Karena jumlah ekskul kan banyak, jadi tidak bisa mengumpul di jam efektif sekolah,’’ ujar dia. Sehingga sebagian ekstra digeser pada hari Sabtu atau setelah pulang sekolah.

Dia menyatakan, hal itu dilaksanakan sesuai Permendikbud 23 Tahun 2017. Meski bukan suatu keharusan. ’’Sebenarnya tetap 6 hari juga tidak ada masalah. Tapi untuk sekolah yang siap boleh melaksanakan,’’ terangnya.

Imam menyatakan, keputusan itu harus diimbangi dengan peningkatan fasilitas yang ada di sekolah, terutama pada kantin sekolah untuk melayani siswa yang makan siang. ’’Kami menyarankan anak-anak untuk menyiapkan bekal sendiri dari rumah,’’ pungkasnya.

(mj/ram/ris/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia