Rabu, 01 Dec 2021
Radar Mojokerto
Home / Mojokerto
icon featured
Mojokerto
Tren LED dan HID

Keren tapi Menyilaukan Mata

20 September 2021, 09: 50: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Keren tapi Menyilaukan Mata

HID, LED dan Halogen memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. (IMRON ARLADO/RADARMOJOKERTO)

Share this      

Lampu menjadi salah satu bagian yang kerap menjadi sasaran modifikasi. Karena, dengan lampu yang lebih terang, mampu mendongkrak penampilan kendaraan lebih keren. Namun, saat ini, banyak ditemukan kendaraan yang memiliki pencahayaan tinggi yang menyilaukan mata.

Padahal, upgrade lampu selevel High Idensity Discharge (HID) atau Light Emitting Diodes (LED), tak bisa sembarang. ’’Butuh proyektor khusus agar cahaya bisa fokus,’’ ungkap Jajang, pemilik bengkel Auto 86, Mlirip, Kecamatan Jetis.

Jika dipasang sembarang, tegas Jajang, maka cahaya akan menyebar ke segala arah. Dampaknya, pengendara dari arah berlawanan akan terganggu. ’’Dan, pemasangan harus tepat. Setelannya tidak sembarangan,’’ ungkap dia.

Baca juga: Terdakwa Hanya Didakwa Penjual, Bukan Importir

Menurut Jajang, teknologi HID dan LED, sudah diaplikaskan ke kendaraan keluaran terbaru. Namun, kendaraan ini sangat tidak cocok untuk berkendara di kawasan pegunungan yang kerap mengalami kabut.

Alasannya, meski sangat terang, lampu cahaya putih yang dihasilkan, tidak mampu menembus kabut. Pun saat kendaraan hujan deras. ’’Lampu jenis ini hanya cocok untuk pengendara di perkotaan saja. Bukan di pegunungan yang sering kabut atau hujan,’’ tambahnya.

Agar kendaraan tetap bisa tampil keren, Jajang merekomendasikan penerapan HID dan LED putih terang, hanya untuk headlamp. Sementara, untuk mendukung lampu utama, harus didukung foglamp warna kuning.

Bagaimana dengan harga? Lampu jenis halogen memiliki tarif yang sangat terjangkau dibanding LED dan HID. Karena, pemasangan LED dan HID masih membutuhkan hardware tambahan seperti ballast. Yaitu, komponen yang berfungsi mengubah arus DC menjadi AC. 

(mj/ris/ron/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia