Kamis, 20 Jan 2022
Radar Mojokerto
Home / Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Tembus Rp 1 Juta/Gram, Harga Logam Mulia Cetak Sejarah

15 Agustus 2020, 09: 05: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Tembus Rp 1 Juta/Gram, Harga Logam Mulia Cetak Sejarah

BERHARGA TINGGI: Seorang pegawai toko emas sedang menata sekaligus melayani konsumen di Jalan Majapahit, Kota Mojokerto. (khudorialiandu/radarmojokerto.id)

Share this      

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Di saat perekonomian mengalami deflasi akibat pandemi Covid-19, harga logam mulia justru meroket. Bahkan, harga jual emas mencetak rekor dalam dalam sejarah penjualan. Yakni, menembus Rp 1 juta lebih per gram. ’’Satu gram emas mulia harga per gramnya sampai Rp 1 juta lebih,’’ ungkap Suyianah, kepala toko emas di Jalan Majapahit, Kota Mojokerto.

Hanya, jika kenaikan emas ini banyak disebabkan permintaan cukup tinggi di level nasional, di toko emas Mojokerto, menurut Suyianah, justru melambungnya harga cukup berdampak pada penurunan daya jual cukup drastis. Bahkan, menyentuh angka 70 persen. ’’Namun, pembeli menurun 50-70 persen,’’ tambahnya.

Sementara tingkat penjualan kembali mengalami kenaikan. Sebab, prinsipnya masyarakat akan menjual perhiasan di tengah harga melambung tinggi. Apalagi, di tengah keterpurukan ekonomi selama pandemi. Banyak karyawan dirumahkan hingga mengalami PHK, menjadi salah satu pemicu. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan hidup, tak jarang masyarakat memilih untuk menjual memanfaatkan harga yang cukup tinggi. Sehingga hal itu dinilai memengaruhi omzet penjual di toko emas.  ’’Orang yang menjual justru lebih banyak, meningkat sampai 50 persen, karena tidak mungkin rugi,’’ ujarnya.

Baca juga: RSUD Prof dr Soekandar Normal Baru, Ruang Operasi Kembali Normal

Kenaikan emas. lanjut Suyianah, sebenarnya sudah menjadi hal wajar. Namun, yang menjadi tidak wajar saat ini karena dalam sejarah harga logam mulai, harga emas di tengah pandemi saat ini tergolong paling tinggi. ’’Masuk rekor sejarah. Tidak pernah, tahun-tahun sebelumnya sampai Rp 1 juta lebih per gram untuk logam mulia,’’ tuturnya. Kenaikan juga terjadi pada perhiasan emas mudah dan tua atau kadar 17 karat. Jika harga normal dijual Rp 500 ribu per gram untuk emas tua, kini naik menjadi Rp 700 ribu per gram (membeli). Sedangkan menjual dibanderol Rp 644 ribu per gram. ’’Untuk emas muda juga naik menjadi Rp 446, dari normalnya Rp 300 lebih per gram,’’ katanya.

Kenaikan harga emas terjadi secara bertahap. Dalam kurun satu bulan ini, disebutnya hampir dua hari sekali. Per hari kenaikannya kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu. ’’Sebenarnya naik tiap harinya tak banyak.Namun, karena terjadi terus menerus, membuat harga semakin tinggi. Dua hari sekali naik,’’ urainya.

(mj/ori/ron/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia