Minggu, 24 Oct 2021
Radar Mojokerto
Home / Mojokerto
icon featured
Mojokerto

Hasil Swab Reaktif, Penghuni Kos Dikarantina

14 Oktober 2021, 10: 10: 59 WIB | editor : Imron Arlado

Hasil Swab Reaktif, Penghuni Kos Dikarantina

DETEKSI DINI: Penghuni sejumlah kos di Kecamatan Magersari menjalani tes swab antigen, Rabu (13/10). (YULIANTO ADI NUGROHO/radamojokerto.id)

Share this      

KOTA, Jawa Pos Radar Mojokerto – Satgas Covid-19 Kecamatan Magersari blusukan ke sejumlah rumah kos, Rabu (13/10). Belasan penghuni menjalani swab antigen. Satu orang dinyatakan reaktif dan langsung dikarantina.

Kapolsek Magersari Kompol Bambang Soegiharto mengatakan, tes acak ini bagian dari operasi yustisi yang dilakukan bersama Puskesmas Gedongan. Petugas gabungan menyasar tiga tempat kos di Kelurahan Meri dan Kelurahan Gedongan. Para penghuni dikumpulkan untuk menjalani tes swab antigen. ”Semua penghuni kos, kami swab,” terangnya.

Dari hasil tes terdapat sekitar 15 penghuni, lanjutnya, satu orang dinyatakan reaktif. Penghuni kos tersebut kemudian dibawa ke puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. ”Yang reaktif. KTP-nya diamankan oleh nakes Gedongan dan diperintahkan yang bersangkutan ke Puskesmas Gedongan untuk langkah berikutnya,” sebut dia.

Baca juga: Operasi Bakti TNI, Garap Bendungan Sumber Lumpang

Selain melakukan isolasi terhadap penghuni kos yang reaktif, pihaknya juga melacak riwayat kontak penghuni tersebut. Orang-orang yang pernah berkomunikasi langsung diswab. ”Tahap pertama tentu kita lakukan tracing dengan siapa saja dia berkomunikasi. Setelah di-swab, kalau hasil yang bersangkutan positif akan diisolasi,” jelas Bambang.

Swab antigen ini menjadi upaya dini pencegahan Covid-19. Tes secara acak tersebut dilakukan setiap hari. Sebelumnya, petugas juga menyasar sejumlah tempat karaoke. Di sana, tak ditemukan pengunjung yang reaktif. ”Operasi yustisi terkait Kota Mojokerto level 3 ke tempat hiburan, keramaian, termasuk kos setiap hari,” ujarnya. 

(mj/ADI/ron/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia